Kompas TV internasional kompas dunia

PBB Sambut Hangat Keputusan Suriah Buka Dua Pintu Masuk Tambahan untuk Bantuan Gempa

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 11:22 WIB
pbb-sambut-hangat-keputusan-suriah-buka-dua-pintu-masuk-tambahan-untuk-bantuan-gempa
Presiden Suriah Bashar al-Assad (kanan) bertemu dengan Martin Griffiths (kiri), Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres hari Senin, (13/2/2023) menyambut baik keputusan presiden Suriah Bashar al Assad untuk membuka dua titik persimpangan Bab Al-Salam dan Al Rayi dari Turki ke Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak. (Sumber: France24/SANA Syria)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sekjen PBB Antonio Guterres hari Senin, (13/2/2023) menyambut baik keputusan presiden Suriah Bashar al Assad membuka dua titik masuk, yaitu  Bab Al-Salam dan Al Ra'ee dari Turki ke Suriah barat laut,  yang dikuasai pemberontak.

Keputusan Bashar al Assad diambil menyusul seruan internasional untuk mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan bagi jutaan korban gempa. 

Bashar Assad setuju  membuka dua penyeberangan itu untuk periode awal tiga bulan, kata PBB seperti laporan Arab News, Selasa, (14/2/2023). 

Keputusan Assad datang seminggu setelah gempa dahsyat 7,8 Magnitudo melanda Turki dan Suriah utara, menyebabkan lebih dari 35.000 kematian dan melukai puluhan ribu orang di kedua negara. 

Di Suriah saja, sudah lebih dari 4.300 orang tewas dan lebih dari lebih dari 7.600 terluka. Angka-angka itu kemungkinan akan meningkat drastis karena masih ribuan yang terjebak di bawah reruntuhan. 

Pengumuman tersebut menyusul pertemuan di Damaskus hari Senin antara Assad dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan Martin Griffiths, yang kemudian secara virtual memberi pengarahan pada pertemuan tertutup Dewan Keamanan tentang dampak gempa pada operasi kemanusiaan. 

PBB mengatakan lebih dari 11 juta orang di Suriah terkena dampak gempa bumi di gubernuran barat laut Hama, Latakia, Idlib, Aleppo dan Tartus, sementara upaya bantuan terhambat oleh infrastruktur yang rusak dan akses terbatas ke daerah yang porak poranda.

Baca Juga: Beda dengan Turki, Bantuan Internasional Tak Kunjung Tiba di Suriah

Martin Griffiths, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Bantuan Darurat, mengunjungi lingkungan yang terkena dampak di kota Aleppo pada 13 Februari 2023 setelah gempa dahsyat berkekuatan 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah. (Sumber: Arab News)

 

PBB sejauh ini hanya punya izin mengirimkan bantuan ke wilayah barat laut Idlib melalui satu penyeberangan di Bab Al-Hawa. Hanya lima  persen dari lokasi di barat laut yang terkena gempa sudah menerima bantuan. 



Sumber : Kompas TV/Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x