Kompas TV internasional kompas dunia

Jens Stoltenberg: Finlandia Jadi Anggota NATO Besok Selasa

Kompas.tv - 3 April 2023, 23:15 WIB
jens-stoltenberg-finlandia-jadi-anggota-nato-besok-selasa
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (kiri) berbicara dengan Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen, jelang pertemuan di Brussels, Senin, 20 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Olivier Matthys)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

BRUSSEL, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan Finlandia akan diresmikan menjadi anggota baru aliansi itu pada Selasa (4/4/2023) besok.

Finlandia berhak menjadi anggota NATO usai proses aksesinya disetujui semua anggota aliansi, termasuk Turki.

"Besok kami akan menyambut Finlandia sebagai anggota (NATO) ke-31," kata Stoltenberg di Brussels, Belgia, Senin (3/4), dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Finlandia Sudah Bisa Tenang, Turki Setuju Tetangga Rusia Gabung NATO

Kantor kepresidenan Finlandia pun mengonfirmasi bahwa keanggotaan negara itu akan diresmikan pada Selasa (4/4). Finlandia pun meninggalkan tetangganya yang mendaftar NATO berbarengan, Swedia.

Pada Kamis (30/3) kemarin, parlemen Turki menyepakati aksesi Finlandia ke NATO dengan suara bulat. Pada saat bersamaan, Ankara masih keberatan dengan aksesi Swedia.

Keputusan Ankara tersebut membuat Finlandia secara sah boleh menjadi anggota NATO karena telah disetujui seluruh anggota.

“Seluruh 30 anggota NATO telah meratifikasi keanggotaan Finlandia. Saya ingin berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan dan dukungannya,” kata Presiden Finlandia Saul Niinisto waktu itu.

“Finlandia akan menjadi sekutu yang kuat dan cakap, berkomitmen untuk keamanan aliansi,” lanjutnya.

Pemerintah Turki sendiri disebut masih berkeberatan dengan aksesi Swedia karena dugaan keterlibatan Stockholm dengan kelompok pemberontak Kurdi.

Baca Juga: Senjata Nuklir Rusia Ditempatkan di Belarusia, Negara NATO Ini Minta Aliansi Tak Bereaksi Berlebihan




Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x