Kompas TV internasional kompas dunia

Finlandia Resmi Jadi Anggota NATO Hari Ini, Pukulan Telak bagi Rusia

Kompas.tv - 4 April 2023, 22:29 WIB
finlandia-resmi-jadi-anggota-nato-hari-ini-pukulan-telak-bagi-rusia
Bendera NATO dan bendera Finlandia. Finlandia resmi bergabung dengan aliansi militer NATO hari Selasa, (4/4/2023) memberikan pukulan besar kepada Rusia dengan pergeseran sejarah benua yang dipicu oleh serangan Rusia ke Ukraina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BRUSSELS, KOMPAS.TV — Finlandia resmi bergabung dengan aliansi militer NATO, Selasa (4/4/2023). Ini memberikan pukulan besar kepada Rusia dengan pergeseran sejarah benua yang dipicu oleh serangan Rusia ke Ukraina.

Seperti laporan Associated Press, keanggotaan negara Nordik ini menggandakan perbatasan Rusia dengan aliansi keamanan terbesar di dunia dan merupakan perubahan besar dalam lanskap keamanan Eropa: Negara ini mengadopsi netralitas setelah kekalahan oleh Soviet dalam Perang Dunia II.

Namun, para pemimpinnya menunjukkan mereka ingin bergabung dengan aliansi itu hanya beberapa bulan setelah serangan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina mengirimkan rasa takut di antara tetangga-tetangga Moskow.

Langkah ini merupakan pukulan strategis dan politik bagi Putin, yang lama mengeluh tentang ekspansi NATO menuju Rusia dan sebagian menggunakannya sebagai alasan untuk serangan militer.

Rusia memperingatkan akan terpaksa mengambil "tindakan balasan" untuk mengatasi apa yang disebutnya sebagai ancaman keamanan yang diciptakan oleh keanggotaan Finlandia. Rusia juga memperingatkan mereka akan memperkuat kekuatan di dekat Finlandia jika NATO mengirimkan pasukan atau peralatan tambahan ke negara anggota ke-31 ini.

Aliansi tersebut mengatakan tidak ada ancaman bagi Moskow.

Swedia yang berdekatan, yang menghindari aliansi militer selama lebih dari 200 tahun, juga mengajukan permohonan. Namun, keberatan dari anggota NATO Turki dan Hungaria menunda prosesnya.

Takut dengan serangan Rusia ke Ukraina tahun lalu, Finlandia, yang berbagi perbatasan sepanjang 1.340 kilometer dengan Rusia, mengajukan permohonan untuk bergabung pada bulan Mei tahun lalu, meninggalkan tahun-tahun ketidakberpihakan militer untuk mencari perlindungan di bawah payung keamanan organisasi tersebut.

Baca Juga: Rusia Akan Gelar Senjata Nuklir Taktis Dekat Perbatasan Belarus yang Bertetangga dengan Anggota NATO

Presiden Finlandia Sauli Niinisto berbicara kepada media usai negaranya resmi menjadi anggota NATO. Keanggotaan negara Nordik ini menggandakan perbatasan Rusia dengan aliansi keamanan terbesar di dunia dan merupakan perubahan besar dalam lanskap keamanan Eropa (Sumber: AP Photo)

“Saya tergoda untuk mengatakan ini mungkin adalah satu-satunya hal yang bisa kita berterima kasih pada Putin karena dia sekali lagi memicu sesuatu yang katanya ingin dicegah oleh agresi Rusia, menyebabkan banyak negara merasa harus melakukan lebih untuk menjaga pertahanan mereka sendiri dan memastikan mereka dapat menahan kemungkinan agresi Rusia ke depan,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tepat sebelum menerima dokumen yang membuat keanggotaan Finlandia resmi.

Departemen Luar Negeri AS adalah penyimpan teks NATO mengenai keanggotaan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan negara itu "akan terpaksa mengambil tindakan balasan militer-teknis dan lainnya untuk menanggapi ancaman terhadap keamanan nasional kami yang timbul dari bergabungnya Finlandia ke NATO.”

Mereka mengatakan langkah Finlandia menandai "perubahan mendasar dalam situasi di Eropa Utara, yang sebelumnya merupakan salah satu wilayah yang paling stabil di dunia.”

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada Selasa kemarin mengatakan keanggotaan Finlandia mencerminkan kebijakan anti-Rusia aliansi tersebut dan memperingatkan Moskow akan merespons tergantung pada senjata apa yang ditempatkan di sana oleh sekutu NATO.

Namun, Peskov juga mencoba untuk meredakan dampaknya, dengan mencatat Rusia tidak punya sengketa wilayah dengan Finlandia.

Tidak jelas sumber daya militer tambahan apa yang bisa dikirimkan Rusia ke perbatasan Finlandia. Moskow menggelar mayoritas unit militer terbaiknya ke Ukraina.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x