Kompas TV internasional kompas dunia

Indonesia Jadi Mitra Hannover Messe 2023, Dubes RI untuk Jerman: Indonesia is Open for Business

Kompas.tv - 13 April 2023, 00:00 WIB
indonesia-jadi-mitra-hannover-messe-2023-dubes-ri-untuk-jerman-indonesia-is-open-for-business
Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno berbicara dalam acara konferensi pers pameran Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman, Rabu (12/4/2023). (Sumber: KBRI Berlin)

HANNOVER, KOMPAS.TV - Indonesia ditunjuk menjadi salah satu mitra dalam ajang pameran industri bergengsi Hannover Messe 2023 di Jerman. Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno pun menekankan pentingnya peran Indonesia dan mengundang industri dari berbagai negara untuk berbisnis dengan Indonesia.

Indonesia is open for business," kata Dubes Arif Havas dalam rilis yang diterima Kompas TV, Rabu (12/4/2023).

Arif Havas menyampaikan, selama ini Indonesia cenderung dikenal masyarakat Jerman dan dunia sebagai destinasi wisata. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa Indonesia memiliki industri yang maju, menghasilkan berbagai produk teknologi, termasuk pesawat terbang.

Baca Juga: Tahukah Anda, Indonesia Kini Punya 38 Provinsi? Ini Daftar Nama Provinsi beserta Ibu Kotanya

Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital terbesar dunia. Di samping itu, sebagai negara tropis dengan potensi energi surya yang tinggi, Indonesia juga merupakan pasar yang terbuka untuk investasi di bidang energi baru-terbarukan, seiring dengan upaya Indonesia untuk melakukan transisi energi.

Menurut rilis KBRI Berlin, di Indonesia, kinerja sektor manufaktur terus menjadi kontributor terbesar PDB 2022, yakni sebesar 16,48%. Sektor industri pun berkontribusi cukup besar terhadap penerimaan pajak nasional, yakni sebesar 28,7%. Indeks Kepercayaan Industri (IKI) hingga bulan Maret 2023 tercatat menunjukkan nilai ekspansi senilai 51,87. 

Untuk itu, Dubes Arif Havas berkeinginan semakin memperkenalkan sisi lain Indonesia ini di Hannover Messe 2023. Indonesia menyambut baik partisipasi sebagai negara mitra dalam ajang tersebut.

"Pada Hannover Messe 2023, Indonesia akan menampilkan sejumlah teknologi industri 4.0 dan peluang investasi sektor industri dari 157 co-exhibitors. Selain itu, Indonesia juga akan mengadakan serangkaian kegiatan seperti pembukaan Pavilion Indonesia di Hannover Messe Fairground dengan luas area yang digunakan sekitar 3000 m2, business summit, Indonesia Country night, dan beberapa konferensi bertemakan industri," demikian rilis KBRI Berlin.

Pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan berbagai kegiatan promosi dan publikasi terkait ajang Hannover Messe 2023. Melalui kegiatan-kegiatan itu, pemerintah mengharapkan empat target utama sehubungan partisipasi Indonesia sebagai negara mitra, yakni untuk mengenalkan visi Indonesia pada peta jalan Making Indonesia 4.0; mempromosikan kerja sama industri; mempromosikan investasi dan ekspor; meningkatkan hubungan kerja sama bilateral dengan Jerman dan memasuki jejaring global supply chain.

Sementara itu, CEO Deustsche Messe AG selaku penyelenggara Hannover Messe, Jochen Köckler mengaku meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi tinggi menjadi salah satu kekuatan utama dalam perekonomian global ke depannya.

CEO Rittal GmbH & Co. KG, salah satu peserta Hannover Messe, Markus Asch mengaku terkesan dengan informasi yang dia peroleh mengenai indonesia. Ia menyampaikan pentingnya sinergi berbagai sektor dalam pengembangan industri yang mempertemukan inovasi-inovasi terkini dari berbagai sektor untuk menciptakan produk-produk unggulan yang efisien dan berkelanjutan.

Ajang pameran Hannover Messe 2023 sendiri akan digelar pada 17-21 April 2023 di Hannover, Jerman. Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz sedianya akan membuka acara ini pada 16 April 2023.

Baca Juga: Semakin Mendunia, Ini Peran Indonesia dalam Industri Digital Hannover Messe

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x