Kompas TV internasional kompas dunia

Sistem Rudal Patriot Buatan AS Tiba di Ukraina, Perang dengan Rusia Bakal Makin Berdarah!

Kompas.tv - 20 April 2023, 04:30 WIB
sistem-rudal-patriot-buatan-as-tiba-di-ukraina-perang-dengan-rusia-bakal-makin-berdarah
Ukraina hari Rabu, (19/4/2023) mengatakan sistem rudal darat ke udara Patriot buatan Amerika Serikat tiba di Ukraina pada hari Rabu, (19/4/2023), memberikan perlindungan baru yang sangat dibutuhkan oleh Kiev melawan serangan udara Rusia (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Ukraina menyatakan sistem rudal darat ke udara Patriot buatan Amerika Serikat (AS) tiba di Ukraina pada Rabu (19/4/2023).

Sistem rudal ini memberikan perlindungan baru yang sangat dibutuhkan oleh Kiev melawan serangan udara Rusia yang merusak kota-kota dan infrastruktur sipil, seperti laporan Associated Press, Kamis (20/4/2023).

AS setuju mengirimkan sistem rudal darat ke udara itu Oktober lalu. Sistem rudal ini dapat menghantam pesawat, rudal jelajah, dan rudal balistik jarak pendek seperti yang digunakan Rusia untuk mengebom area permukiman dan jaringan listrik Ukraina.

“Hari ini, langit Ukraina yang indah menjadi lebih aman,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam cuitannya.

Rudal-rudal tersebut adalah kontribusi terbaru dari sekutu Barat, yang juga berjanji memberikan tank, artileri, dan beberapa jenis pesawat tempur saat Ukraina bersiap untuk melancarkan serangan balik.

Reznikov berterima kasih kepada AS, Jerman, dan Belanda, tanpa menyebutkan berapa banyak sistem rudal yang dikirimkan atau kapan mereka tiba.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yurii Ihnat, pada Selasa malam mengatakan pengiriman sistem tersebut akan menjadi sebuah peristiwa penting, yang memungkinkan warga Ukraina untuk menyerang target Rusia dari jarak yang lebih jauh.

Baca Juga: Aktivis HAM Rusia Dipenjara 25 Tahun Usai Kritik Invasi ke Ukraina, Negara Barat dan PBB Mengecam

Ukraina hari Rabu, (19/4/2023) mengatakan sistem rudal darat ke udara Patriot buatan Amerika Serikat tiba di Ukraina pada hari Rabu, (19/4/2023), memberikan perlindungan baru yang sangat dibutuhkan oleh Kiev melawan serangan udara Rusia (Sumber: AP Photo)

Situs web pemerintah federal Jerman hari Selasa memasukkan sistem Patriot sebagai salah satu item militer yang dikirimkan dalam seminggu terakhir ke Ukraina. Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengonfirmasi hal tersebut kepada anggota parlemen di Berlin, Rabu.

Jerman juga mengirimkan satu dari empat sistem pertahanan udara medium-range IRIS-T yang dijanjikan tahun lalu, kata Baerbock.

Reznikov mengatakan ia pertama kali meminta sistem Patriot ketika mengunjungi AS pada Agustus 2021, atau lima bulan sebelum invasi Rusia secara penuh dan tujuh tahun setelah aneksasi Krimea oleh Rusia.

Dia menggambarkan kepemilikan sistem tersebut sebagai "mimpi", tetapi mengatakan pada saat itu dia diberitahu di AS bahwa itu "tidak mungkin".

Personel Ukraina dilatih menggunakan sistem rudal Patriot, yang memerlukan hingga 90 tentara untuk mengoperasikan dan memeliharanya.

“Pasukan udara kami sudah menguasai (sistem Patriot) sejauh yang mereka bisa. Dan mitra kita memenuhi janji mereka,” tulis Reznikov.

Baca Juga: Kunjungi Rusia, Menhan China Sepakat Tingkatkan Hubungan Militer ke Level Baru

Sistem rudal pertahanan udara Patriot buatan Amerika Serikat. Ukraina hari Rabu, (19/4/2023) mengatakan sistem rudal darat ke udara Patriot buatan Amerika Serikat tiba di Ukraina pada hari Rabu, (19/4/2023), memberikan perlindungan baru yang sangat dibutuhkan oleh Kiev melawan serangan udara Rusia. (Sumber: Sebastian Apel/U.S. Department of Defense, via AP)


Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x