Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Bunuh Dalang Ledakan Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul 2021 yang Tewaskan 13 Marinir AS

Kompas.tv - 26 April 2023, 13:11 WIB
taliban-bunuh-dalang-ledakan-bom-bunuh-diri-di-bandara-kabul-2021-yang-tewaskan-13-marinir-as
Marinir perempuan AS menggendong bayi di Bandara Kabul beberapa hari sebelum bom bunuh diri ISIS-Khorasan menewaskan belasan tentara AS dan lebih dari 100 warga sipil. Serangan darat Taliban membunuh militan ISIS yang memimpin serangan bom bunuh diri Agustus 2021 di bandara Kabul, tewaskan 13 tentara AS dan sekitar 170 warga Afghanista. (Sumber: Isaiah CAMPBELL US Central Command Public Affairs/France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Serangan darat oleh Taliban telah menewaskan militan ISIS yang memimpin serangan bom bunuh diri pada bulan Agustus 2021 di bandara Kabul, yang menewaskan 13 tentara AS dan sekitar 170 warga Afghanistan selama penarikan mundur pasukan dari Afghanistan oleh Amerika Serikat, demikian laporan yang dilansir oleh Associated Press, Rabu, (26/4/2023).

Awalnya, baik AS maupun Taliban tidak tahu bahwa dalang serangan tersebut tewas. Dia tewas selama serangkaian pertempuran awal bulan ini di selatan Afghanistan antara Taliban dan afiliasi kelompok ISIS, menurut beberapa pejabat.

Namun dalam beberapa hari terakhir, intelijen AS memastikan "dengan keyakinan tinggi" bahwa pemimpin ISIS telah tewas, kata seorang pejabat administrasi senior. Pejabat-pejabat berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas masalah intelijen.

Selasa malam (25/4/2023), juru bicara pers Pentagon Brigadir Jenderal Patrick Ryder mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi bahwa pelaku telah dibunuh oleh Taliban. "Amerika Serikat tidak terlibat dalam operasi ini," kata Ryder.

Pada akhir pekan, militer AS mulai memberi tahu orang tua dari 11 Marinir, seorang pelaut, dan seorang prajurit yang tewas dalam ledakan di Abbey Gate, dan mereka berbagi informasi tersebut dalam obrolan grup pribadi. Ayah salah satu Marinir mengatakan kematian pembunuh putranya hanya memberikan sedikit kenyamanan.

"Apa pun yang terjadi, itu tidak akan mengembalikan Taylor dan saya mengerti itu," kata Darin Hoover, ayah Staff Sgt. Darin Taylor Hoover, dalam panggilan telepon dengan Associated Press.

"Hal yang bisa dilakukan oleh ibu dan saya sekarang hanya menjadi advokat untuknya. Yang kami inginkan hanyalah kebenaran. Dan kami tidak mendapatkannya. Itulah yang membuat frustrasi."

Hoover mengatakan bahwa dia dan ibu anaknya, Kelly Henson, telah menghabiskan satu setengah tahun terakhir berduka atas kematian putranya dan berdoa agar administrasi Biden bertanggung jawab atas penanganan penarikan mundur tersebut.

Dia menambahkan bahwa Marinir hanya memberikan informasi terbatas kepadanya dan tidak mengidentifikasi pemimpin ISIS atau memberikan informasi tentang keadaan kematian mereka. Pejabat AS menolak memberikan banyak rincian karena sensitivitas dalam pengumpulan intelijen.

Baca Juga: Negara Islam Khurasan Klaim sebagai Dalang Bom Bunuh Diri Bandara Kabul, Siapa Mereka?


Pejabat pemerintah AS mengatakan itu adalah "tanggung jawab moral" mereka untuk memberi tahu keluarga korban bahwa "dalang" dan "orang yang paling bertanggung jawab atas serangan di bandara" telah diambil dari medan perang.

Beberapa pejabat mengatakan Amerika Serikat tidak berperan dalam pembunuhan tersebut dan sama sekali tidak berkoordinasi dengan Taliban. Pejabat administrasi menyebut tindakan Taliban itu "signifikan" dan mengatakan AS hanya mengetahui operasi itu melalui kemampuan intelijen "over the horizon"-nya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x