Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Iran Kunjungi Suriah, Bertemu Bashar al Assad Rundingkan Kerja Sama

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 16:00 WIB
presiden-iran-kunjungi-suriah-bertemu-bashar-al-assad-rundingkan-kerja-sama
Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Damaskus, Suriah, hari Rabu (3/5/2023), dimana Raisi akan Assad untuk menandatangani beberapa perjanjian dan nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Damaskus, Suriah, hari Rabu (3/5/2023), menjadi kunjungan pertama kepala negara Iran ke negara yang dilanda perang dalam lebih dari satu dekade.

Seperti laporan Associated Press, Rabu (3/5/2023), Tehran menjadi pendukung utama pemerintahan Presiden Bashar Assad sejak pemberontakan berubah menjadi perang pada Maret 2011 dan memainkan peran penting dalam membalikkan keadaan untuk Assad.

Iran mengirim puluhan penasehat militer dan ribuan personil tempur dari seluruh Timur Tengah untuk bertempur di pihak Assad.

Dengan bantuan Rusia dan Iran, pasukan pemerintah Suriah berhasil mengendalikan sebagian besar wilayah negara dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam kunjungannya selama dua hari, Raisi akan Assad untuk menandatangani beberapa perjanjian dan nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama, seperti yang dilaporkan oleh media negara dan pro-pemerintah Suriah.

Dalam wawancara dengan saluran televisi pan-Arab Al-Mayadeen, Raisi meminta upaya rekonstruksi dan untuk pengungsi yang melarikan diri dari perang di negara itu untuk kembali.

Raisi, yang memimpin delegasi politik dan ekonomi tingkat tinggi, diterima pada saat kedatangan di Bandara Internasional Damaskus oleh Menteri Ekonomi Suriah, Samer al-Khalil.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Pertemuan Menlu Negara Arab dan Menlu Suriah: Perdamaian di Depan Mata

Bashar Assad dan Ebrahim Raisi saat di Teheran tahun lalu. Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Damaskus, Suriah, hari Rabu (3/5/2023). Raisi akan Assad untuk menandatangani beberapa perjanjian dan nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama. (Sumber: AP Photo)

Raisi juga dijadwalkan akan mengunjungi makam Sayida Zeinab dan Sayida Ruqayya, kedua tempat suci dalam Islam Syiah, serta Makam Prajurit Tak Dikenal, monumen yang didedikasikan bagi para prajurit Suriah yang gugur dalam pertempuran.

Presiden Iran terakhir yang mengunjungi Suriah adalah Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada 2010.

Kunjungan presiden Iran ini terjadi saat beberapa negara Arab, termasuk kekuatan regional seperti Mesir dan Arab Saudi, mulai membuka diri kepada Assad dan menteri luar negeri mereka datang ke Damaskus dalam beberapa minggu terakhir.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x