Kompas TV internasional kompas dunia

Suriah Mulai Aktif di Liga Arab Setelah Vakum 11 Tahun, Utus Pejabat Tinggi Hadiri Persiapan KTT

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 11:05 WIB
suriah-mulai-aktif-di-liga-arab-setelah-vakum-11-tahun-utus-pejabat-tinggi-hadiri-persiapan-ktt
Menlu Arab Saudi dan Menlu Suriah. Suriah mengakhiri pengasingan dari Liga Arab selama lebih dari satu dekade hari Senin (15/5/2023) ketika pejabat seniornya ikut sesi persiapan KTT hari Jumat, (19/5/2023) di Arab Saudi. (Sumber: SPA - Saudi Press Agency)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Suriah mengakhiri pengasingan dari Liga Arab selama lebih dari satu dekade hari Senin (15/5/2023) ketika pejabat seniornya ikut sesi persiapan KTT hari Jumat, (19/5/2023) di Arab Saudi.

"Saya ... memanfaatkan kesempatan ini untuk menyambut Republik Arab Suriah ke Liga Negara Arab," kata Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed al-Jadaan kepada pertemuan tersebut, yang disiarkan langsung oleh saluran TV negara Al Ekhbariya hari Selasa, (16/5/2023)

Jadaan mengatakan ia "berharap dapat bekerja dengan semua orang untuk mencapai apa yang kita harapkan," saat kamera menyorot ke delegasi Suriah.

Ini adalah pertama kalinya pejabat senior Suriah berpartisipasi dalam pertemuan Liga Arab sejak badan itu menangguhkan keanggotaan Damaskus bulan November 2011 karena penindasan keras terhadap protes yang berujung pada konflik yang telah menewaskan lebih dari 500.000 orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Pada awal Mei, Liga Arab secara resmi menyambut kembali pemerintah Suriah, sehingga Presiden Bashar al-Assad kembali ke lingkaran dunia Arab.

Raja Salman Arab Saudi mengundang Assad untuk menghadiri KTT di kota pelabuhan Laut Merah Jeddah yang akan dilaksanakan hari Jumat, (19/5/2023), dan akan menjadi kali pertama sejak pertemuan di Libya tahun 2010.

"Ini adalah kesempatan baru bagi kita untuk memberitahu saudara-saudara Arab kita bahwa kita tidak melihat ke masa lalu, tetapi ke masa depan," kata Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad saat mendarat di Jeddah hari Senin malam.

"Ada banyak tantangan yang harus kita diskusikan dan kita harus mobilisasi untuk menghadapinya, termasuk konflik Arab-Israel," seperti laporan kantor berita resmi Suriah, Sana, mengutip pernyataan Mekdad.

Baca Juga: Raja Salman Resmi Undang Presiden Suriah Hadir di KTT Liga Arab Walau AS dan Inggris Tidak Setuju

Presiden Suriah Bashar al Assad dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman al Saud. Suriah mengakhiri pengasingan dari Liga Arab selama lebih dari satu dekade hari Senin (15/5/2023) ketika pejabat seniornya ikut sesi persiapan KTT hari Jumat, (19/5/2023) di Arab Saudi. (Sumber: Radio France International)

Ibu kota regional secara bertahap telah merangkul Assad saat ia mempertahankan kekuasaannya dan merebut kembali wilayah yang hilang dengan dukungan penting dari Iran dan Rusia.

Uni Emirat Arab memulihkan hubungan dengan Suriah tahun 2018 dan memimpin upaya terbaru untuk mengintegrasikan kembali Damaskus. Uni Emirat Arab juga telah mengundang Assad untuk menghadiri KTT iklim PBB di Dubai pada akhir 2023, seperti dilaporkan Sana hari Senin.

Aktivitas diplomatik meningkat setelah gempa bumi mematikan melanda Suriah dan Turki pada 6 Februari.

Selama sesi persiapan hari Senin, Menteri Ekonomi Suriah Mohammad Samer al-Khalil mengajak negara-negara Arab berinvestasi di negaranya dalam cahaya "peluang yang menjanjikan dan hukum baru yang menarik investasi," menurut Sana.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x