Kompas TV internasional kompas dunia

Liga Arab Mencuat Usai Kembali Sambut Suriah, Inilah Sejarah Liga Arab dan Kisah Eksistensinya

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 05:50 WIB
liga-arab-mencuat-usai-kembali-sambut-suriah-inilah-sejarah-liga-arab-dan-kisah-eksistensinya
Sejak pengumuman berdirinya pada tahun 1945, Liga Arab telah mencapai beberapa prestasi dan terus berusaha untuk lebih maju, seperti laporan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, Kamis, (18/5/2023). Inilah kisah Liga Arab. (Sumber: AP Photo/Russian MoFA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KAIRO, KOMPAS.TV - Sejak pengumuman berdirinya tahun 1945, Sejarah Liga Arab telah mencapai beberapa prestasi dan terus berusaha untuk lebih maju.

Seperti laporan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, Kamis (18/5/2023), sepanjang sejarahnya, Liga Arab telah memainkan peran penting dalam menyatukan negara-negara Arab, menjaga kemerdekaan dan kedaulatan mereka, serta meningkatkan hubungan pan-Arab, serta mengkoordinasikan posisi Arab terkait dengan beberapa masalah, peristiwa, dan perubahan di wilayah tersebut.

Salah satu prestasi besar Liga Arab adalah kontribusinya dalam mencapai kemerdekaan negara-negara Arab dan memberikan dukungan bagi perjuangan pembebasan Aljazair, Oman, Yaman, dan Sudan.

Seiring berjalannya waktu, keanggotaannya berkembang menjadi 22 negara dari hanya tujuh yang telah menandatangani piagam pendirian.

Liga Arab juga membantu menyelesaikan beberapa perselisihan antar Arab, mendirikan pasukan keamanan sementara saat terjadi konflik Kuwait-Irak pada tahun 1961, dan menjaga suasana diplomatik pada pertemuan puncak Arab.

Namun, mungkin salah satu prestasi paling signifikan, yang membuat Liga Arab dicintai dan memperkuat posisinya di kalangan Arab, adalah mendorong kerja sama Arab-Arab melalui beberapa organisasi khusus yang terbentuk pada berbagai tingkat di dalam dan di luar kerangka Liga Arab.

Dalam payung Liga Arab, organisasi-organisasi tersebut menangani masalah-masalah seperti ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi dan sosial, urusan ilmiah dan budaya, serta sarana komunikasi dan media.

Di antara organisasi yang berafiliasi dengan Liga Arab adalah Organisasi Buruh Arab, Dana Arab untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial, Organisasi Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmiah Liga Arab (ALECSO), Uni Penyiaran Negara-Negara Arab, dan Uni Telekomunikasi Arab, yang mencakup dan menangani semua kepentingan dan aktivitas Arab.

Baca Juga: Presiden Suriah Bashar al-Assad Tiba di Arab Saudi Hadiri KTT Liga Arab, Suriah Telah Kembali

Raja Salman dari Arab Saudi. Sejak pengumuman berdirinya pada tahun 1945, Liga Arab telah mencapai beberapa prestasi dan terus berusaha untuk lebih maju, seperti laporan kantor berita resmi Arab Saudi, SPA, Kamis, (18/5/2023). (Sumber: Saudi Press Agency SPA)

Di luar kerangka Liga Arab, Konfederasi Serikat Buruh Arab aktif, dan Liga Arab sedang melakukan upaya luar biasa untuk mengkoordinasikan badan-badannya. Oleh karena itu, serikat-serikat Arab seperti pengacara, dokter, jurnalis, ahli hukum, dan pekerja telah didirikan.

Liga Arab sering mewakili anggotanya di berbagai forum dan organisasi internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi khususnya, serta Uni Afrika, dengan mana ia bekerja sama untuk membentuk beberapa lembaga bersama, seperti Bank Arab untuk Pembangunan di Afrika dan Dana Arab untuk Pinjaman. Liga Arab juga menjadi pihak dalam dialog dengan Eropa pada tahun 1970-an.

Liga Negara-Negara Arab (LAS) didirikan pada tanggal 22 Maret 1945, di ibu kota Mesir, Kairo, sebagai organisasi regional bagi negara-negara Arab di Timur Tengah. Anggotanya adalah negara-negara berbahasa Arab - bahasa resmi - dan anggota pendiri adalah: Arab Saudi, Mesir, Suriah, Lebanon, Irak, Yordania, dan Yaman.

Negara-negara lainnya bergabung secara bertahap: Libya, Sudan, Tunisia, Maroko, Kuwait, Aljazair, Bahrain, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab, Mauritania, Somalia, Palestina, Djibouti, dan Komoro.

Liga ini terdiri dari tiga cabang utama, bersama dengan badan-badan lain yang dibentuk oleh Traktat Pertahanan Bersama Arab pada tahun 1950 dan badan-badan yang didirikan melalui keputusan Dewan Liga Arab.

Liga ini terdiri dari Dewan LAS, yang merupakan otoritas tertinggi dan terdiri dari perwakilan negara anggota, masing-masing memiliki satu suara, tanpa memperhatikan jumlah perwakilannya.




Sumber : Saudi Press Agency


BERITA LAINNYA



Close Ads x