Kompas TV internasional kompas dunia

Jenderal Kiamat Rusia Ternyata Diperiksa Terkait Keterlibatannya dalam Pemberontakan Prigozhin

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 02:05 WIB
jenderal-kiamat-rusia-ternyata-diperiksa-terkait-keterlibatannya-dalam-pemberontakan-prigozhin
Jendral Sergei Surovikin, tengah, bersama Jenderal Gerasimov, kiri, pada akhir 2021. Penyidik militer Rusia ternyata memeriksa salah satu jenderal teratas Rusia, Jenderal Sergei Surovikin, mengenai pemberontakan yang dipandang Barat menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin. (Sumber: Sputnik/Mikhail Metzel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Penyidik militer Rusia diketahui tengah melakukan pemeriksaan terhadap salah satu jenderal teratas Rusia, Jenderal Sergei Surovikin. Pemeriksaan ini terkait pemberontakan gagal dari tentara bayaran Wagner, yang dipandang Barat menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin selama seperempat abad berkuasa.

Jenderal Sergei Surovikin diperiksa oleh jaksa militer selama beberapa hari mengenai keterhubungannya dengan pemimpin pasukan bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut dan meminta namanya tidak disebutkan karena informasinya bersifat sensitif.

Jenderal tersebut berada di satu tempat tetapi tidak dalam penjara, kata sumber tersebut seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg pada Kamis (29/6/2023).

Jenderal Surovikin, 56 tahun, tidak terlihat sejak pemberontakan pasukan bayaran Wagner yang mengakibatkan Rusia berada di ambang "perang saudara", seperti yang diungkapkan oleh Putin.

Pemberontakan itu mengguncang citra Putin sebagai pemimpin yang tak terkalahkan setelah pasukan Wagner berhasil mencapai jarak 200km dari Moskow hampir tanpa perlawanan sebelum Prigozhin memerintahkan penghentian.

Krisis ini membuat Amerika Serikat, Eropa, dan China bingung tentang akibat politik dari pemberontakan ini, yang mengungkapkan perpecahan yang dalam di Rusia tentang bagaimana cara melawan perang yang gagal di Ukraina yang merupakan konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. Serangan balik Ukraina saat ini bertujuan untuk mengusir Rusia dari wilayah yang diduduki.

Baca Juga: Jenderal Rusia yang Tahu Kudeta Wagner dan Orang Dekat Prigozhin Hilang, Spekulasi Bermunculan

Pemimpin kelompok militer Wagner, Yevgeny Prigozhin. Penyidik militer Rusia ternyata memeriksa salah satu jenderal teratas Rusia, Jenderal Sergei Surovikin, mengenai pemberontakan yang dipandang Barat menjadi tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin. (Sumber: Telegram / Orchestra_W)

Putin menempatkan Jenderal Surovikin sebagai komandan pasukan Rusia di Ukraina pada bulan Oktober dan dia mengawasi penarikan pasukan Rusia dari kota Ukraina, Kherson, pada bulan berikutnya.

Jenderal tersebut kemudian digantikan sebagai komandan tertinggi pada bulan Januari oleh Kepala Staf Umum Valery Gerasimov, salah satu dari dua orang bersama Menteri Pertahanan Sergei Shoigu yang Prigozhin bersumpah akan menggulingkan selama pemberontakannya.

Prigozhin berulang kali memuji kepemimpinan militer Jenderal Surovikin dalam perang tersebut, sambil mengkritik tajam pejabat-pejabat puncak Kementerian Pertahanan lainnya.



Sumber : Bloomberg



BERITA LAINNYA



Close Ads x