Kompas TV internasional kompas dunia

Bus Tabrak Truk Trailer, 3 Orang Tewas dan 14 Orang Lainnya Terluka

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 12:56 WIB
bus-tabrak-truk-trailer-3-orang-tewas-dan-14-orang-lainnya-terluka
Petugas memeriksa truk trailer yang ditabrak sebuah bus di rest area jalan tol, Illinois, Amerika Serikat, Rabu (12/7/2023). Tiga orang tewas dan belasan orang lainnya terluka dalam kecelakaan ini. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

ILLINOIS, KOMPAS.TV - Sebuah bus penumpang menabrak tiga truk trailer yang diparkir di sepanjang pintu keluar area peristirahatan jalan tol, Rabu (12/7/2023) di Illinois, Amerika Serikat. Peristiwa ini menewaskan tiga orang dan melukai 14 orang lainnya.

Bus itu bertujuan ke kota St. Louis dan sedang melakukan perjalanan ke arah barat di sepanjang Interstate 70 di Madison County. Bus menabrak tiga truk trailer yang sedang parkir tepat sebelum pukul 2 pagi, kata Kepolisian Negara Bagian Illinois.

“Empat orang dibawa ke rumah sakit dengan helikopter dan sedikitnya 10 orang lainnya dibawa dengan ambulans,” kata polisi negara bagian Illinois dalam rilis berita yang dikutip dari The Associated Press

Hingga kini polisi belum merilis rincian tentang korban yang terluka dan tewas. Sedangkan supir dan penumpang truk yang ditabrak bus tidak mengalami luka.

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian, Melaney Arnold, mengatakan korban yang tewas dan terluka semuanya merupakan penumpang bus.

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan Sopir dan Kernet Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Bus di Wisata Guci Tegal

Amalgamated Transit Union, yang mewakili pengemudi bus, mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa pengemudi bus tersebut tengah dalam kondisi serius di rumah sakit.

Sebuah tim dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (DKTN) langsung tiba di lokasi pada Rabu. Sedangkan seorang anggota senat AS dari Partai Republik, Mike Bost, mengatakan seorang pejabat DKTN mengatakan kepadanya bahwa bus itu dilengkapi dengan kamera pemantau sehingga mereka dapat melakukan pemeriksaan penuh untuk menyelidiki bagaimana kecelakaan itu terjadi.

Foto dan video dari tempat kejadian menunjukkan sisi bus terkelupas dan atapnya ambruk. 

Seorang penumpang bernama Edward Alexander mengatakan kepada St. Louis Post-Dispatch bahwa dia membantu seorang wanita hamil turun dari bus dan sedang mencari ponselnya ketika dia menyadari asap masuk ke dalam bus. “Saya katakan padanya, 'lupakan telepon itu,'” ujarnya. Dan mereka pun melompat keluar jendela.

Penumpang lain yang bernama Edwin Brown, 22, mengatakan kepada Post-Dispatch bahwa dia merasakan bus berguncang saat menabrak depan sisi traktor dan langsung terbuka seperti kaleng dan dibuka dengan pembuka kaleng. Menurutnya, saat itu pengemudi dalam kondisi antara sadar dan tidak, kemudian Brown mematikan mesin bus dengan bantuan seorang sopir truk, katanya.


Juru bicara perusahaan bus, Mike Ogulnick, mengatakan dalam email bahwa bus tersebut sedang dalam perjalanan dari Indianapolis ke St. Louis dengan jadwal kedatangan pukul 02:20. Sekitar 30 orang berada di dalamnya.

“Perhatian utama kami adalah memastikan kami merawat penumpang dan pengemudi kami saat ini,” kata Ogulnick. "Kami bekerja sama dengan pihak berwenang setempat, dan bus bantuan sedang dalam perjalanan untuk penumpang," ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Bus di Tegal: 2 Meninggal, 2 Kritis di RSUD Soeselo Slawi

Adalah ilegal di Illinois bagi truk atau traktor untuk parkir di jalur keluar jalan tol. Tetapi pakar industri angkutan truk mengatakan truk sering berhenti di sana untuk bermalam karena tempat parkir semalaman sulit ditemukan di tempat istirahat dan tempat lain seperti halte truk.

"Dan itu tidak hanya berbahaya bagi mereka tetapi juga berbahaya bagi masyarakat otomotif karena mereka memang membutuhkan istirahat dan mereka pantas mendapatkan istirahat mereka," kata Lewis Pugh dari Asosiasi Pengemudi Independen Pemilik-Operator pada sidang Mei di depan Komite Transportasi dan Transportasi Parlemen AS. 
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x