Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan atas Jembatan Rusia-Krimea Tewaskan 2 Warga Rusia, Putin Bersumpah Menuntut Balas

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 02:30 WIB
serangan-atas-jembatan-rusia-krimea-tewaskan-2-warga-rusia-putin-bersumpah-menuntut-balas
Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah menuntut balas serangan atas jembatan Rusia - Krimea yang tewaskan dua warga rusia. Jembatan yang menghubungkan Rusia dan Krimea kembali mendapat serangan hari Senin dini hari, (17/7/2023), memaksa penutupan sementara untuk kedua kalinya dalam kurang dari setahun. Dua orang tewas dan seorang anak kecil mereka mengalami luka berat. (Sumber: Dinas Pers Kepresidenan Rusia via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Jembatan yang menghubungkan Rusia dan Krimea kembali mendapat serangan hari Senin dini hari (17/7/2023), memaksa penutupan sementara jembatan ini untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun. Dua orang tewas dan seorang anak kecil mereka mengalami luka berat.

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan peningkatan keamanan di Jembatan Kerch sepanjang 19 kilometer, mengulangi perintahnya pada Oktober 2022 saat jembatan itu rusak parah akibat ledakan yang juga disalahkan oleh Moscow atas Kiev.

Dia juga berjanji, "Tentu saja, akan ada tanggapan dari Rusia."

"Kejadian ini adalah tindakan terorisme lain dari rezim Kiev," ujar Putin dalam pertemuan bersama pejabat yang disiarkan di televisi. "Ini adalah kejahatan yang tidak masuk akal dari segi militer, tidak memiliki arti karena jembatan Krimea sudah lama tidak digunakan untuk kepentingan militer, dan kejam, karena warga sipil yang tak bersalah terluka dan tewas."

Lalu lintas kendaraan di jembatan berhenti pada hari Senin, sementara lalu lintas kereta api juga terhenti selama sekitar enam jam.

Gambar satelit yang diambil oleh Maxar Technologies pada hari Senin pagi menunjukkan kerusakan serius pada jalur ke timur dan ke barat jembatan yang melintasi Selat Kerch, di bagian yang terdekat dengan daratan Rusia, dengan setidaknya satu bagian runtuh. Jembatan kereta api yang berjalan sejajar dengan jalan raya tampak tidak rusak.

Baca Juga: Serangan ke Jembatan Krimea Tewaskan 2 Orang dan Lukai 1 Anak, Rusia Tuding Ukraina

Jembatan yang menghubungkan Rusia dan Krimea kembali mendapat serangan hari Senin dini hari, (17/7/2023), memaksa penutupan sementara jembatan ini untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun. Dua orang tewas dan seorang anak kecil mereka mengalami luka berat (Sumber: AP Photo)

Serangan tersebut dilakukan oleh dua drone maritim Ukraina, demikian disampaikan oleh Komite Anti-Teror Nasional Rusia.

Pejabat Ukraina enggan mengaku bertanggung jawab, seperti yang mereka lakukan dalam serangan-serangan sebelumnya. Namun, dalam apa yang tampaknya menjadi pengakuan tersirat, juru bicara Layanan Keamanan Ukraina, Artem Degtyarenko, menyatakan dalam sebuah pernyataan badan keamanannya akan mengungkapkan detail tentang bagaimana "dentuman" tersebut diorganisir setelah Kiev memenangkan perang.


Serangan pada bulan Oktober terhadap jembatan ini terjadi ketika truk bermuatan bom meledakkan dua bagian jembatan tersebut dan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk diperbaiki. Moscow menyebut serangan tersebut sebagai tindakan terorisme dan membalasnya dengan mengebom infrastruktur sipil di Ukraina, termasuk menargetkan jaringan listrik negara selama musim dingin.

Dalam ledakan hari Senin, portal berita Ukraina, RBK-Ukraina, mengutip sumber dari badan keamanan yang menyatakan serangan itu dilakukan oleh apa yang disebut sebagai drone terapung. Seorang wakil perdana menteri, Mykhailo Fedorov, kemudian menyatakan melalui layanan pesan Telegram "hari ini, jembatan Krimea dihancurkan oleh drone laut," tetapi tidak jelas apakah pernyataan tersebut merupakan konfirmasi resmi atau merujuk pada laporan sebelumnya.

Beberapa jam setelah serangan terjadi, video dari pihak berwenang Rusia menunjukkan kru membersihkan puing-puing dari dek jembatan, di mana salah satu bagian tampak miring ke satu sisi, dan sebuah sedan hitam rusak dengan pintu penumpangnya terbuka.

Putin memerintahkan pihak berwenang untuk "menyelidiki dengan teliti apa yang terjadi," untuk menyusun "usulan konkret untuk meningkatkan keamanan objek transportasi yang strategis penting ini," dan untuk "memberikan segala dukungan yang mungkin kepada orang-orang yang berada dalam posisi sulit akibat terhentinya lalu lintas di jembatan."

Baca Juga: Pertempuran di Timur Ukraina Tetap Sengit Meski Wagner Dikirim ke Belarusia, Ternyata Ini Sebabnya

Jembatan yang menghubungkan Rusia dan Krimea kembali mendapat serangan hari Senin dini hari, (17/7/2023), memaksa penutupan sementara jembatan ini untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun. Dua orang tewas dan seorang anak kecil mereka mengalami luka berat (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x