Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Serang Kampung Halaman Zelenskyy dengan Rudal Balistik, Tewaskan 6 Orang dan Lukai Puluhan

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 02:20 WIB
rusia-serang-kampung-halaman-zelenskyy-dengan-rudal-balistik-tewaskan-6-orang-dan-lukai-puluhan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Militer Rusia kembali membombardir kota Kryvyi Rih, tengah Ukraina, yang merupakan kampung halaman Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Serangan rudal balistik Rusia pada Senin (31/7/2023) dilaporkan menewaskan enam orang dan melukai 75 lain. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Militer Rusia kembali membombardir kota Kryvyi Rih, tengah Ukraina, yang merupakan kampung halaman Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Serangan rudal balistik Rusia pada Senin (31/7/2023) dilaporkan menewaskan enam orang dan melukai 75 lainnya.

Serangan ini dilaporkan menghantam kompleks apartemen dan sebuah gedung universitas. Otoritas Ukraina menyebut ledakan rudal Rusia membuat pemukim apartemen terjebak di reruntuhan.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko melaporkan bahwa salah satu rudal balistik menghancurkan sebagian ruang antara lantai empat dan lantai sembilan gedung apartemen tersebut. Video pasca-serangan yang menunjukkan asap tebal dari gedung tersebar di media sosial.

Baca Juga: Lagi, Drone Ukraina Berhasil Tembus Moskow, Kremlin Salahkan NATO

Volodymyr Zelenskyy menyampaikan, salah satu korban tewas dalam serangan ini adalah seorang gadis 10 tahun dan ibunya. Ia menyebut lebih dari 350 petugas dan relawan terlibat dalam proses evakuasi di lokasi kejadian.


Serangan rudal ke kampung halaman Zelenskyy ini diluncurkan hanya sehari usai sang presiden menyampaikan pernyataan bahwa medan perang telah dibawa semakin dekat ke teritori Rusia. Belum diketahui apakah serangan Rusia ini merupakan respons atas komentar Zelenskyy.

"Secara bertahap, perang ini dikembalikan ke teritori Rusia, ke pusat-pusat simbolis dan markas militer mereka, dan ini proses yang benar-benar adil, alami, dan tak terhindarkan," kata Zelenskyy pada Minggu (30/7).

Kota Kryvyi Rih sendiri pernah dibombardir Rusia pada pertengahan Juni lalu. Setidaknya 10 orang tewas akibat serangan tersebut.

Baca Juga: Zelenskyy Kesal Dikritik, Pecat Dubes Ukraina untuk Inggris yang Menyebutnya Lakukan Sarkasme

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x