Kompas TV internasional kompas dunia

Perang Spionase, China Ungkap Seorang Pegawai Keamanan Nasional Mata-Mata CIA

Kompas.tv - 12 Agustus 2023, 10:40 WIB
perang-spionase-china-ungkap-seorang-pegawai-keamanan-nasional-mata-mata-cia
Ilustrasi Bendera China. Perang mata-mata antara China dan Amerika Serikat (AS) masih terus terjadi, dengan tuduhan terbaru dilontarkan oleh pihak China.
(Sumber: Shutterstock)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

BEIJING, KOMPAS.TV - Perang mata-mata antara China dan Amerika Serikat (AS) masih terus terjadi, dengan tuduhan terbaru dilontarkan oleh pihak China.

Badan Intelijen China mengungkapkan serang warganya yang merupakan pegawai perusahaan militer disebut sebagai mata-mata CIA.

Mereka menyebut pegawai tersebut memberikan informasi militer sensitif kepada CIA.

Ini menjadi tuduhan berikutnya yang dilontarkan China atas tuduhan spionase antara Washington dan Beijing.

Baca Juga: Ukraina Tuding Rusia Sembunyikan Kekalahan dengan Cara Membakar Jasad Tentara

Kementerian Keamanan Negara China pada Jumat (11/8/2023), mengungkapkan tersangka diidentifikasi dengan nama marga Zeng, bekerja untuk kelompok industri militer China yang tak diungkapkan.

Mereka mengatakan bahwa Zeng yang berusia 52 tahun memiliki jabatan di mana ia bisa mengakses informasi penting yang rahasia.

Dikutip dari CNN, Kementerian itu menegaskan Zeng dikirim oleh perusahaan untuk melanjutkan studinya di Italia.

Namun, di sana ia didekati oleh seorang pejabat kedutaan AS, dan mereka kemudian diketahui memiliki hubungan dekat.

Kenenterian itu mengeklaim bahwa hubungan mereka semakin dekat, dan pejabat AS itu kemudian mengungkapkan bahwa dirinya adalah pejabat CIA.


Zeng kemudian ditawari sejumlah besar uang dan kesempatan melakukan imigrasi ke AS bersama keluarganya, sebagai ganti informasi mengenai militer China.

Mereka juga mengatakan bahwa Zeng telah menandatangani perjanjian mata-mata dengan AS dan menerima penilaian serta pelatihan.

Menurut pernyataan kementerian, Zeng kembali ke China setelah menyelesaikan studinya dan diduga bertemu personel CIA beberapa kali untuk sejumlah besar inti intelijen.

Baca Juga: Terungkap Siapa Pelaku Pembunuhan Capres Ekuador, Ternyata Warga Asing dan Salah Satunya Tewas

Kementerian mengatakan telah mengambil tindakan seharusnya terhadap Zeng, setelah mendapatkan bukti kegiatan mata-mata dalam penyelidikan.

Kasus tersebut saat ini telah diserahkan ke kejaksaan untuk ditinjau dan didakwa.

Pengumuman China tentang mata-mata CIA, muncul sepekan setelah dua pelaut Angkatan Laut AS di California ditangkap karena diduga memberikan informasi sensitif militer AS kepada intelijen China.

Kementerian Keamanan Negara China adalah badan sipil yang mengawasi intelijen dan kontraintelijen baik di dalam maupun di luar negeri.



Sumber : CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x