Kompas TV internasional kompas dunia

Jumlah Penonton Final Piala Dunia Wanita Turun Drastis Tahun Ini, Apa Penyebabnya?

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 07:20 WIB
jumlah-penonton-final-piala-dunia-wanita-turun-drastis-tahun-ini-apa-penyebabnya
Plt. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez memegang trofi di samping Ivana Andres dari Spanyol setelah kemenangan mereka di Piala Dunia Wanita, di Istana La Moncloa di Madrid, Spanyol, Selasa, 22 Agustus 2023. Spanyol mengalahkan Inggris dalam final sepak bola Piala Dunia Wanita, Minggu (20/8/2023) di Sydney, Australia. (Sumber: Foto AP/Manu Fernandez)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

LOS ANGELES, KOMPAS.TV — Jumlah total penonton final Piala Dunia Wanita tahun ini menurun drastis dibandingkan final empat tahun lalu. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, apa saja faktor yang menjadi penyebab menurunnya jumlah penonton Piala Dunia Wanita tahun ini?

Final tahun 2019 antara Amerika Serikat (AS) dan Belanda yang berlangsung di Prancis memiliki rata-rata penonton gabungan sebesar 16,9 juta di Fox dan Telemundo. Final tahun ini di Australia menunjukkan penurunan sebesar 87,8% dibandingkan final empat tahun lalu.

Fox, yang memiliki rata-rata 1.658.000 penonton, mengatakan jumlah penontonnya mencapai 2,45 juta pada 15 menit terakhir. Rata-rata Telemundo adalah 401.000 melalui saluran linier dan platform streaming.

Salah satu penyebab turunnya jumlah penonton adalah karena gagalnya tim AS melaju ke laga puncak turnamen Piala Dunia Wanita.

Baca Juga: Kisah Sedih Olga Carmona, Baru Tahu Ayahnya Wafat usai Bawa Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023

Meskipun demikian, kemenangan 1-0 Spanyol atas Inggris dalam final Piala Dunia, Minggu (20/8/2023) adalah final Piala Dunia Wanita yang paling banyak ditonton di televisi Amerika jika dibandingkan dengan laga final lain yang tidak melibatkan tim Negeri Paman Sam itu. 

Kemenangan 1-0 La Roja menghasilkan 2.059.000 penonton gabungan yang berbahasa Inggris dan Spanyol di Fox dan Telemundo.

Jumlah tersebut merupakan peningkatan yang cukup besar dibandingkan final terakhir yang tidak menampilkan AS, yaitu final tahun 2007 antara Jerman dan Brasil di China yang menghasilkan rata-rata 664.000 penonton di ESPN2.

Rekor sebelumnya untuk final non-AS terjadi pada tahun 2003 ketika 1,2 juta orang menonton di ABC saat Jerman mengalahkan Swedia. 


Namun jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan tiga final terakhir  yang melampaui 13 juta penonton karena adanya tim AS dalam laga final sepak bola wanita.

Selain itu, jadwal pertandingan yang mulai sangat pagi bagi penonton AS menjadi faktor penyebab lain yang menjadi sebab menurunnya jumlah penonton Piala Dunia Wanita.

Pertandingan hari Minggu di Sydney dimulai pukul 6 pagi waktu bagian timur AS dan bagi sebagian kota di Kanada.

Baca Juga: Bersejarah! Spanyol Juara Piala Dunia Perempuan 2023 usai Kalahkan Inggris 1-0, Gelar Perdana

Australia dan Selandia Baru memiliki zona waktu 14 hingga 16 jam lebih cepat dari New York dan 17 hingga 19 jam lebih cepat dari Los Angeles.

Sebagian besar pertandingan selama turnamen, termasuk semua pertandingan yang dimulai di perempat final, dimulai pada malam hari di Amerika Serikat.

Bahkan jika AS berhasil meraih gelar ketiganya berturut-turut, jumlah penonton dipredikasi tetap akan turun dibandingkan tahun 2019 yang berlangsung di Prancis dan tahun 2015 yang berlangsung di Kanada, karena adanya perbedaan zona waktu yang cukup jauh.

Sebanyak 64 pertandingan turnamen ini memiliki rata-rata 669.000 penonton di Fox dan FS1, turun 60% dari tahun 2019 yang menghasilkan 1,66 juta penonton.
 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x