Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Curiga Putin Terlibat dalam Kematian Bos Wagner Prigozhin, Ada Peringatan Bagi Elit

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 10:51 WIB
joe-biden-curiga-putin-terlibat-dalam-kematian-bos-wagner-prigozhin-ada-peringatan-bagi-elit
Pemimpin kelompok militer Wagner, Yevgeny Prigozhin. Ia dikabarkan menjadi salah satu korban pada kecelakaan pesawat yang terjadi pada Rabu (23/8/2023). (Sumber: Telegram / Orchestra_W)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menuding keterlibatan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kematian bos Wagner Yevgeny Prigozhin dalam kecelakaan pesawat, Rabu (23/8/2023).

Kecurigaan tersebut buntut dari pejabat Ukraina yang menafsirkan insiden kecelakaan pesawat itu sebagai peringatan kepada ‘elit’ Rusia menjelang pemilu 2024.

“Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi saya tidak terkejut. Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin. Tapi saya tidak cukup tahu untuk mengetahui jawabannya,” kata Biden, Rabu.

Baca Juga: Bos Wagner Diduga Tewas, Nama Prigozhin Dipastikan Ada dalam Manifes Pesawat yang Jatuh

Insiden kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan pemimpin kelompok tentara bayaran Rusia Wagner Group ini juga menarik perhatian ajudan presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak.

“Sinyal dari Putin kepada elit Rusia menjelang pemilu 2024. ‘Hati-hati! Ketidaksetiaan sama dengan kematian’,” kata Mykhaylo Podolyak di Twitter, Kamis (24/8).

Putin pun tidak menyinggung insiden kecelakaan pesawat itu saat berpidato di Moskow untuk memeringati 80 tahun kemenangan Pertempuran Kursk pada perang dunia kedua.

Dia justru memuji tentaranya yang berjuang dalam operasi militer khusus di Ukraina.

“Semua tentara kami yang bertempur dengan gagah berani dan tegas,” kata Putin.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Prigozhin diduga tewas dalam kecelakaan pesawat di dekat Kuzhekino, Tver Rusia, Rabu. Pesawat itu membawa tiga awak dan tujuh penumpang yang terbang dari Moskow ke St. Peterburg dan jatuh hampir 300 kilometer di utara Ibu Kota.

Baca Juga: Bukan di Belarusia, Bos Wagner Prigozhin Diyakini Ada di Benua Ini, Siap Gelar Operasi Militer Lagi?

Berdasarkan pemantauan flighradar24, pesawat Embraer Legacy 600 dengan nomor penerbangan RA-02795 menghilang dari radar pada 18.11 waktu Moskow.

Badan penerbangan sipil Rusia, Rosaviatsia, mengatakan bahwa Prigozhin berada dalam pesawat itu dan namanya masuk dalam manifes pesawat.


 

“Berdasarkan data maskapai, penumpang yang berada di pesawat Embraer-13 itu termasuk Prigozhin Yevgeny,” demikian pernyataan dari Rosaviatsia. 

Baca Juga: Kian Panas, Polandia Tempatkan 10.000 Tentara di Perbatasan Belarusia, Khawatir Serangan Wagner?

Vladimir Rogov, seorang pejabat yang ditunjuk di Rusia di wilayah Zaporizhzhia di Ukraina mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan komandan Wagner yang juga mengkonfirmasi adanya Prigozhin di pesawat itu.

Selain Prigozhin, sejumlah orang penting di Wagner juga ikut dalam pesawat tersebut, termasuk Dmitry Utkin, tangan kanan Prigozhin.



Sumber : The Guardian



BERITA LAINNYA



Close Ads x