Kompas TV internasional kompas dunia

Uni Afrika Resmi Gabung di G20, Apa Maknanya bagi Afrika dan Dunia? Simak Penjelasannya

Kompas.tv - 10 September 2023, 14:05 WIB
uni-afrika-resmi-gabung-di-g20-apa-maknanya-bagi-afrika-dan-dunia-simak-penjelasannya
Grup 20 ekonomi terkemuka dunia di KTT G20 menyambut Uni Afrika sebagai anggota permanen. Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut hangat Ketua Uni Afrika saat ini, Presiden Komoro Azali Assoumani, dengan pelukan, Sabtu (9/9/2023) di KTT G20, mengatakan ia merasa senang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NAIROBI, KOMPAS.TV - Grup 20 ekonomi terkemuka dunia di KTT G20 menyambut Uni Afrika sebagai anggota permanen, Sabtu (9/9/2023). Ini menjadi pengakuan kuat atas Afrika, saat lebih dari 50 negara di benua itu mencari peran lebih penting di panggung global.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung keanggotaan permanen Uni Afrika di G20. Biden menyebut keanggotaan ini "lama ditunggu-tunggu".

Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut hangat Ketua Uni Afrika saat ini, Presiden Komoro Azali Assoumani, dengan pelukan, Sabtu (9/9) di KTT G20. Modi mengatakan ia merasa senang, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu (10/9.

"Selamat kepada seluruh Afrika!" kata Presiden Senegal Macky Sall, Ketua Uni Afrika sebelumnya yang membantu mendorong keanggotaan ini. Uni Afrika berjuang untuk keanggotaan penuh selama tujuh tahun, kata juru bicara Ebba Kalondo. Sebelumnya, Afrika Selatan adalah satu-satunya anggota G20 dari benua ini.

Berikut ini adalah gambaran tentang Uni Afrika dan apa yang diwakilkan oleh keanggotaannya dalam dunia, seiring posisi Afrika yang semakin sentral dalam pembicaraan tentang perubahan iklim, keamanan pangan, migrasi, dan isu-isu lainnya.

Baca Juga: KTT G20 India Setuju Tambah Uni Afrika Jadi Anggota, Isu Ukraina Tidak Spesifik di Deklarasi Bersama

Presiden AS Joe Biden (kiri), Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah), dan PM India Narendra Modi (kanan) di KTT G20 India, Sabtu, (9/9/2023). Grup 20 ekonomi terkemuka dunia di KTT G20 menyambut Uni Afrika sebagai anggota permanen. Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut hangat Ketua Uni Afrika saat ini, Presiden Komoro Azali Assoumani, dengan pelukan hari Sabtu di KTT G20, mengatakan ia merasa senang. (Sumber: AP Photo)

Apa Artinya bagi Afrika?

Keanggotaan permanen dalam G20 menandakan bangkitnya sebuah benua yang populasi mudanya sebanyak 1,3 miliar diperkirakan akan berjumlah dua kali lipat pada tahun 2050, dan akan mencakup seperempat penduduk dunia.

Sebanyak 55 negara anggota Uni Afrika, yang mencakup Sahara Barat yang menjadi sengketa, mendesak untuk peran yang berarti dalam lembaga-lembaga global yang selama ini mewakili tatanan pasca-Perang Dunia II yang sudah pudar, termasuk Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Mereka juga menginginkan perubahan dalam sistem keuangan global, termasuk Bank Dunia dan entitas lainnya, yang memaksa negara-negara Afrika membayar lebih mahal daripada yang lain untuk meminjam uang, sehingga memperdalam utang mereka.

Afrika semakin menarik minat investasi dan perhatian politik dari generasi baru kekuatan global selain AS dan mantan kolonial Eropa benua ini. China adalah mitra dagang terbesar Afrika dan salah satu pemberi pinjaman terbesarnya. Rusia adalah penyedia senjata utama. Negara-negara Teluk menjadi salah satu investor terbesar di benua ini. Basis militer dan kedutaan terbesar Turki berada di Somalia. Israel dan Iran semakin meningkatkan hubungan mereka di Afrika dalam mencari mitra.

Pemimpin Afrika dengan sabar menantang gambaran benua ini sebagai korban pasif perang, ekstremisme, kelaparan, dan bencana yang dipaksa untuk memihak salah satu sisi antara kekuatan global. Beberapa lebih memilih menjadi penengah, seperti yang terlihat dalam upaya perdamaian Afrika setelah serangan Rusia ke Ukraina.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x