Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Sebut Dukungan untuk Israel dan Ukraina Penting bagi Keamanan AS

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 08:27 WIB
biden-sebut-dukungan-untuk-israel-dan-ukraina-penting-bagi-keamanan-as
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berpidato dari Ruang Oval, Gedung Putih, Washington DC, Kamis, 19 Oktober 2023. Ia berbicara tentang perang di Israel dan Ukraina. (Sumber: AP Photo/Jonathan Ernst)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan, dukungan untuk Israel dan Ukraina penting bagi keamanan nasional AS, Kamis (19/10/2023) malam waktu Washington.

Ia juga menyatakan Washington akan memperdalam keterlibatannya dalam dua konflik luar negeri itu dan bersiap untuk meminta miliaran dolar AS untuk bantuan militer bagi kedua negara tersebut.

Menurut Biden, jika agresi internasional dibiarkan terus berlanjut, konflik dan kekacauan dapat menyebar ke belahan dunia lain. Pidato ini disampaikan Biden di Ruang Oval, yang sangat jarang terjadi.

Pidato di Ruang Oval adalah salah satu momen paling bergengsi yang dapat dipimpin oleh seorang presiden AS. Biasanya kesempatan itu digunakan untuk menarik perhatian negara pada saat krisis.

Biden hanya menyampaikan satu pidato serupa selama masa kepresidenannya, setelah Kongres meloloskan undang-undang anggaran bipartisan untuk mencegah gagal bayar pada negara.

Baca Juga: Gaza Tunggu Bantuan dari Mesir, Israel Siapkan Pasukan untuk Serangan Darat

“Hamas dan Putin mewakili ancaman yang berbeda,” kata Biden.

“Tetapi mereka memiliki kesamaan. Mereka berdua ingin sepenuhnya memusnahkan demokrasi di negara tetangga,” ujarnya, seperti dikutip dari The Associated Press.

Dia mengatakan akan mengirimkan permintaan pendanaan mendesak kepada Kongres, yang diperkirakan berjumlah sekitar USD100 miliar pada tahun depan.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x