Kompas TV internasional kompas dunia

Remaja Perempuan Tewas seperti Mahsa Amini, Polisi Moral Iran Kembali Dituding Lakukan Kekerasan

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 11:30 WIB
remaja-perempuan-tewas-seperti-mahsa-amini-polisi-moral-iran-kembali-dituding-lakukan-kekerasan
Polisi moral Iran dituduh melakukan serangan ke Armita Geravand di stasiun metro yang berujung pada kematiannya. (Sumber: AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

TEHERAN, KOMPAS.TV - Polisi Moral Iran kembali dituduh menewaskan seorang remaja perempuan karena tindakan kerasnya.

Seorang gadis remaja Iran yang sempat koma setelah ditindak polisi moral Iran karena tak menggunakan hijab, dilaporkan telah tewas.

Pada awal pekan ini, gadis bernama Armita Geravand itu dinyatakan mati otak, meski usaha untuk menyelamatkannya telah dilakukan.

“Sayangnya, kerusakan otak berujung pada korban menghabiskan waktu dalam keadaan koma, dan meninggal beberapa menit lalu,” bunyi pernyataan kantor berita Iran IRNA dilutip dari CNN, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga: Pelaku Penembakan di Maine yang Bunuh 18 Orang Ditemukan Tewas, Ternyata Miliki Masalah Kejiwaan

Seperti diungkapkan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Iran, Geravand yang berusia 16 tahun dilarikan ke rumah sakit dengan cedera kepala karena diserang oleh polisi moral Iran di stasiun metro Teheran.

Insiden tersebut terjadi sepekan setelah Iran mengesahkan undang-undang (UU) yang menerapkan hukuman lebih keras terhadap perempuan yang melanggar aturan hijab yang ketat.

Pada awal bulan ini, Badan HAM Hengaw yang berbasis di Norwegia mengungkapkan, Geravand diserang polisi moral Iran hingga koma.

Jaringan berita oposisi Iran Iranwire mengatakan Geravand telah dilarikan ke rumah sakit karena trauma pada kepalanya.

Menurut staf Hengaw, Awyer Shekhi, polisi moral wanita Iran mendekati Geravand di dekat stasiun metro SHohada, dan memintanya memakai hijab.



Sumber : CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x