Kompas TV internasional kompas dunia

Kapan Israel akan Kena Sanksi FIFA dan UEFA seperti Rusia?

Kompas.tv - 18 November 2023, 18:15 WIB
kapan-israel-akan-kena-sanksi-fifa-dan-uefa-seperti-rusia
Seorang anak Palestina terluka akibat bombardir Israel di Jalur Gaza, dibawa ke sebuah rumah sakit di Khan Younis, Minggu, 12 November 2023. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina, telah memasuki hari ke-43 pada hari ini, Sabtu (18/11/2023). Sedikitnya 12.000 orang termasuk ribuan anak-anak, telah terbunuh.

Sejak 7 Oktober, Israel menyerang infrastruktur-infrastruktur sipil termasuk tempat tinggal, rumah sakit, masjid, gereja, dan kamp pengungsi, di Gaza, wilayah Palestina yang didudukinya sejak 1967 dan diblokade sejak 2007.

Serangan Israel ke Gaza dilancarkan menyusul serbuan kelompok perlawanan Palestina, Hamas, ke wilayahnya pada 7 Oktober. Menurut Israel, serangan Hamas menewaskan 1.200 orang.

Hingga hari ke-43 serangan Israel ke Gaza, FIFA selaku induk olahraga sepak bola dunia, dan EUFA selaku asosiasi sepak bola Eropa, belum juga menjatuhkan sanksi kepada timnas dan klub-klub Israel.

Pada Kamis (16/11/2023), saat militer Israel membombardir Gaza, timnas Israel masih dapat berlaga melawan Swiss dalam kualifikasi EURO 2024.

FIFA dan UEFA boleh saja menyatakan mereka tidak terlibat dalam urusan politik. Tapi sejarah menunjukkan, FIFA dan EUFA tanpa ragu terlibat dalam urusan politik saat menjatuhkan sanksi suspensi kepada timnas dan klub-klub Rusia pada 28 Februari 2022.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa seluruh tim Rusia, baik tim perwakilan nasional ataupun tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata FIFA dan UEFA dalam sebuah pernyataan.

Rusia memulai invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Itu artinya, hanya empat hari sejak invasi, FIFA dan UEFA langsung melarang timnas dan klub-klub Rusia ikut dalam seluruh kompetisi.

Baca Juga: Erdogan Keras ke Sekutu Israel di Jerman, Kecam Barat Dukung Pembantaian Warga Palestina di Gaza

Standar Ganda FIFA

Ini bukan kali pertama FIFA tidak berbuat apa pun terkait apa yang dilakukan Israel di wilayah Palestina yang didudukinya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x