Kompas TV internasional kompas dunia

Patung Pemuja Setan di AS Dirusak hingga Hancur, Mantan Caleg Didakwa sebagai Pelaku

Kompas.tv - 16 Desember 2023, 13:45 WIB
patung-pemuja-setan-di-as-dirusak-hingga-hancur-mantan-caleg-didakwa-sebagai-pelaku
Tempat patung pemuja setan yang dihancurkan di Gedung Capitol Iowa, Des Moines, Amerika Serikat (AS), Kamis (14/12/2023). (Sumber: AP Photo/Scott McFetridge)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

IOWA, KOMPAS.TV - Sebuah patung pemuja setan di Amerika Serikat dirusak hingga hancur di Des Moines, Iowa, Amerika Serikat (AS).

Patung dari kelompok pemuja Setan, Kuil Setan yang berada di Gedung Capitol Iowa dihancurkan dan seorang mantan calon legislatif Mississippi menjadi terdakwa.

Patung tersebut diizinkan dipasang di Gedung Capitol Iowa lewat peraturan yang mengatur instalasi keagamaan.

Meski begitu, keberadaan patung tersebut menuai kritik dari banyak kelompok konservatif, termasuk calon Presiden Ron DeSantis.

Baca Juga: Pengakuan Sandera Israel, Anggota Hamas Minta Maaf Membunuh Suaminya dan Memperlakukan dengan Hormat

Sebuah postingan di Facebook oleh Satanic Temple pada Kamis (14/12/2023), mengatakan bahwa patung tersebut yang dikenal sebagai Patung Baphomet telah hancur.

Mereka juga mengatakan patung tersebut sudah tak dapat diperbaiki lagi, meski sebagian darinya masih tersisa.

Dikutip dari Associated Press, seorang bekas caleg dari Republikan yang kalah dalam pemilihan Dewan Perwakilan Distrik 45 pada November lalu, Michael Cassidy didakwa sebagai pelakunya.

Departemen Keamanan Publik Iowa pada Jumat (15/12/2023), mengungkapkan Cassidy, 35 tahun dari Lauderdale, Mississippi didakwa melakukan kejahatan kriminal tingkan empat.

Cassidy sendiri dibebaskan setelah sempat ditahan oleh pihak kepolisian.

Cassidy mengatakan dirinya marah setelah melihat patung yang menurutnya sebagai penistaan Agama.

“Hati Nurani saya terikat pada firman Tuhan, bukan pada keputusan birokrasi. Jadi, saya bertindak,” ujarnya dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Pertemuan Pemuja Setan di Boston AS Digeruduk Kelompok Neo-Nazi, Saling Konfrontasi

Sementara itu, Pemimpin Kuil Setan mengungkapkan aksi penghancuran tersebut merupakan sikap sebenarnya dari kepengecutan.

“Ada titik tertentu di mana kita memerlukan orang dewasa untuk memberi tahu orang-orang apa itu nilai-nilai liberal dan demokratis,” kata Pendiri Kuil Setan Lucien Greaves.

“Apa saja nilai-nilainya, mengapa kita menunjunjungnya, apa manfaatnya, dan mereka perlu membela nilai-nilai ini, atau kita akan semakin merosot dalam polarisasi menuju kediktatoran,” ujarnya.

Kuil Setan sebelumnya mendapat izin dari Pemerintah Iowa untuk mendirikan patung sosok berkepala kambing di Gedung Capitol Iowa di Des Moines bersama dengan tujuh prinsip dasar kelompok itu.



Sumber : Associated Press/The Guardian



BERITA LAINNYA



Close Ads x