Kompas TV internasional kompas dunia

Los Angeles Diguncang Gempa M 4,1, Seismolog: Tidak Berhubungan dengan Jepang

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 10:43 WIB
los-angeles-diguncang-gempa-m-4-1-seismolog-tidak-berhubungan-dengan-jepang
Ilustrasi gempa bumi. Gempabumi berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang pantai Los Angeles County dan dirasakan hampir di seluruh California Selatan, Amerika Serikat (AS), Selasa (2/1/2024) waktu Indonesia. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Gempabumi berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang pantai Los Angeles County dan dirasakan hampir di seluruh California Selatan, Amerika Serikat (AS), Senin (1/1/2024) pagi waktu setempat atau Selasa (2/1/2024) waktu Indonesia.

Pusat gempa berada sekitar 10 mil barat daya San Pedro, 11 mil tenggara Rancho Palos Verdes, 26 mil barat daya pusat kota Long Beach, atau 26 mil barat laut Avalon di Pulau Santa Catalina.

Gempa dirasakan di sejumlah wilayah, seperti Los Angeles, Orange, dan Ventura. Petugas pemadam kebakaran melaporkan,  gempa juga dirasakan oleh beberapa orang di Pasadena saat Rose Parade tengah berlangsung.

Baca Juga: Update Gempa M 7,6 di Jepang: Kemenlu RI Sedang Memastikan Kondisi 1.315 WNI di Ishikawa

“Tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan,” demikian laporan dari LA Times.

Guncangan yang dirasakan oleh orang-orang yang berada di dalam ruangan, seperti ada kendaraan besar yang lewat.

Menurut data tiga tahun terakhir, rata-rata lima gempa berkekuatan magnitudo antara 4-5 terjadi per tahunnya di wilayah Los Angeles.

Tidak berkaitan dengan gempa Jepang

Seismolog Lucy Jones mengatakan bahwa gempa yang terjadi pada awal tahun 2024 ini tidak terjadi di dekat patahan yang telah diketahui dan tidak berpotensi tsunami.

Ia juga mengatakan, gempa yang terjadi Los Angeles ini tidak berkaitan dengan gempa yang mengguncang Jepang pada Senin sore kemarin dengan magnitudo 7,6.

“Sama sekali tidak berhubungan dengan Jepang,” tegas Jones.

Sebelumnya seperti diberitakan Kompas.tv, gempa Jepang mengguncang sejumlah wilayah di Jepang pada Senin sore sekitar pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB.

Baca Juga: Gempa M 5 Guncang Laut Banda Maluku Pagi Ini, BMKG: Dipicu Slab Lempeng Banda

Gempa yang terjadi dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan bahwa ada sekitar 100 guncangan yang terjadi usai gempa magnitudo 7,6 tersebut.


 



Sumber : LA Times, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x