Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Soroti Tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 15:10 WIB
media-asing-soroti-tabrakan-ka-turangga-dengan-commuter-line-bandung-raya
Tim penyelamat mengecek puing-puing gerbong kereta usai terjadi tabrakan antara KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi. (Sumber: AP Photo/Abdan Syakura)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah media asing atau internasional menyoroti tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024).

Media Amerika Serikat New York Times menuliskan Kereta Api Bertabrakan di Indonesia, Menyebabkan 2 Orang Meninggal dan 2 Orang Terjebak.

"Ratusan penumpang dievakuasi dari kecelakaan di dekat Kota Bandung. Tim penyelamat masih berusaha mengeluarkan dua orang dari salah satu kereta," tulis NY Times.

Channel News Asia (CNA) juga melaporkan Tiga Tewas, 28 Luka-Luka dalam Tabrakan Kereta Api Indonesia.

"Tiga orang tewas dan sedikitnya 28 orang luka-luka ketika dua kereta bertabrakan di pulau utama Indonesia, Jawa, pada Jumat (5 Januari), kata para pejabat. Kecelakaan itu terjadi pada pukul 06.03 waktu setempat di dekat persawahan di Cicalengka, Provinsi Jawa Barat, dan menyebabkan banyak gerbong kereta terbalik," tulis CNA.

Media China Xinhua juga menyoroti Setidaknya 1 Tewas, 10 Luka-Luka dalam Kecelakaan Kereta Api di Jawa Barat, Indonesia.

Baca Juga: Update Jumlah Korban Tabrakan KA Turangga: 4 Pegawai KAI Meninggal, 478 Penumpang Selamat

"Setidaknya satu orang tewas dan lebih dari 10 orang terluka ketika dua kereta bertabrakan di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, pada Jumat pagi, menurut media lokal dan tim penyelamat," dikutip dari China Daily.

Sorotan serupa juga dituliskan CNN Breaking Tabrakan Kereta Fatal Dekat Bandung, Indonesia Menyebabkan Sedikitnya Tiga Orang Meninggal.

"Dua kereta bertabrakan di dekat kota Bandung di Indonesia pada Jumat pagi, mengakibatkan sedikitnya tiga korban jiwa. Tabrakan terjadi di Kecamatan Rancaekek, sebelah timur kota di Pulau Jawa. Kapolres Bandung Kompol Kusworo Wibowo melaporkan tiga awak kapal tewas dalam tabrakan tersebut. Namun, jumlah penumpang di dalam kereta dan jumlah korban jiwa belum diketahui secara pasti," tulis media tersebut.

Diberitakan sebelumnya, jumlah korban tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya, Jumat (5/1/2024) pagi, sebanyak empat pegawai dari PT KAI meninggal dunia.

Sementara itu, dalam kecelakaan kereta yang terjadi di petak jalur Stasiun Haurpuguh-Cicalengka, Bandung, Jawa Barat itu, 478 penumpang selamat.

Dari jumlah total penumpang KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya itu, 22 di antaranya mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

Berikut rincian korban luka dan rumah sakit yang memberikan perawatan:

  • RSUD Cicalengka: 18 orang
  • RS Edelweis: 2 orang, dan
  • RS AMC: 2 orang.

Baca Juga: Evakuasi KA Turangga Vs Bandung Raya Masih Tunggu 2 Crane dari Solo dan Cirebon


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x