Kompas TV internasional kompas dunia

Ratusan Ribu Warga Jerman Demonstrasi dan Unjuk Kekuatan Melawan Partai Sayap Kanan Anti-Imigran

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 23:35 WIB
ratusan-ribu-warga-jerman-demonstrasi-dan-unjuk-kekuatan-melawan-partai-sayap-kanan-anti-imigran
Demonstran memegang ponsel saat memprotes partai AfD dan ekstremisme sayap kanan di depan gedung Reichstag di Berlin, Jerman, Minggu, 21 Januari 2024. Ratusan ribu warga Jerman turun ke jalan-jalan Jerman pada Minggu, (21/1/2024), untuk unjuk kekuatan dan menyuarakan protes mereka terhadap partai politik sayap kanan dan sikap anti-imigran yang diusungnya. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV - Ratusan ribu warga Jerman turun ke jalan-jalan Jerman pada Minggu, (21/1/2024), untuk unjuk kekuatan dan menyuarakan protes mereka terhadap partai politik sayap kanan dan sikap anti-imigran yang diusungnya.

Di Munich saja hari Minggu, sekitar 100.000 orang memadati jalan-jalan, kata polisi.

Demonstrasi ini merupakan salah satu dari puluhan yang berlangsung di seluruh negeri pada akhir pekan ini, menarik ratusan ribu orang secara total, seperti dilaporkan oleh Associated Press, Senin, (22/1/2024).

Protes ini muncul usai kubu ekstremis sayap kanan baru-baru ini bertemu untuk membahas deportasi jutaan imigran, termasuk yang berkewarganegaraan Jerman. Beberapa anggota partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman, atau AfD, hadir dalam pertemuan tersebut.

Di barat kota Koln, polisi mengatakan "puluhan ribu" warga turun ke jalan untuk melakukan protes sementara penyelenggara mengklaim sekitar 70.000 orang ikut serta.

Di ibukota Berlin, lebih dari 100.000 orang berkumpul di depan parlemen Jerman untuk menolak agenda anti-demokrasi partai sayap kanan, dimana beberapa demonstran membawa spanduk dan tanda dengan pesan-pesan "Bersama melawan fasis," "Enyahlah Nazi," dan "Tidak akan terjadi lagi, sekarang!"

Para demonstran mengangkat lampu ponsel mereka, dan meneriakkan slogan-slogan menentang AfD.

Baca Juga: Jerman Bela Israel di ICJ, Ternyata Ekspor Senjatanya ke Rezim Zionis Naik sejak Serangan ke Gaza

Ribuan pengunjuk rasa anti-fasis di Leipzig, Jerman, Minggu, (21/1/2024). Ratusan ribu warga Jerman turun ke jalan-jalan Jerman pada Minggu, (21/1/2024), untuk unjuk kekuatan dan menyuarakan protes mereka terhadap partai politik sayap kanan dan sikap anti-imigran yang diusungnya. (Sumber: AP Photo)

Demonstrasi serupa pada hari Jumat di Hamburg, kota terbesar kedua di Jerman, berkekuatan sekitar 50.000 orang, dan harus diakhiri lebih awal karena alasan keamanan.

Kota-kota lain di Jerman juga dilanda protes hari Sabtu seperti Stuttgart, Nuremberg, dan Hannover dimana puluhan ribu orang turun ke jalan.

Meskipun Jerman juga dilanda protes lainnya yang menentang kubu sayap kanan dalam beberapa tahun terakhir, ukuran dan cakupan protes yang berlangsung akhir pekan ini jauh lebih besar dan menyebar, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di puluhan kota kecil di seluruh negeri.



Sumber : Associated Press / Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x