Kompas TV internasional kompas dunia

Dunia Sambut Keputusan Mahkamah Internasional atas Israel, Desak agar Diterapkan Sesegera Mungkin

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 23:56 WIB
dunia-sambut-keputusan-mahkamah-internasional-atas-israel-desak-agar-diterapkan-sesegera-mungkin
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut perintah Mahkamah Internasional, Jumat (26/1/2024). Pemimpin dunia menyambut keputusan Mahkamah Internasional untuk memerintahkan Israel mencegah segala bentuk genosida terhadap warga Palestina di Gaza, mendesak penerapan perintah tersebut dengan segera. (Sumber: Times of Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Pemimpin dunia menyambut keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Israel mencegah segala bentuk genosida terhadap warga Palestina di Gaza, Jumat (26/1/2024). Para pemimpin dunia mendesakkan penerapan perintah tersebut dengan segera.

Uni Eropa menyatakan harapannya agar Israel dan Hamas sepenuhnya mematuhi putusan Mahkamah Internasional.

Selain memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina, pengadilan tertinggi PBB itu pula memerintahkan Tel Aviv melakukan lebih banyak untuk membantu warga sipil. Namun, ICJ tidak memerintahkan gencatan senjata.

Pengadilan tersebut juga menyerukan kepada Hamas dan kelompok lainnya untuk segera melepaskan semua sandera yang mereka tahan.

"Perintah Mahkamah Internasional mengikat bagi para pihak, dan mereka harus mematuhinya. Uni Eropa mengharapkan implementasi penuh, segera, dan efektif," ujar Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan.

Mesir menyambut baik putusan Mahkamah Internasional mengenai permintaan Afrika Selatan untuk memberlakukan langkah darurat terhadap Israel atas perangnya melawan Hamas di Jalur Gaza.

Pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Mesir juga menyatakan bahwa Mesir "mengharapkan Mahkamah Internasional segera menuntut gencatan senjata di Gaza, seperti yang diadili oleh Pengadilan dalam kasus serupa". Kairo menekankan perlunya menghormati dan melaksanakan keputusan pengadilan.

Baca Juga: Mahkamah Internasional Perintahkan Israel Stop Bunuh Rakyat Palestina di Gaza, Kasus Genosida Lanjut

Menlu Afrika Selatan Naledi Pandor, tengah, menghadiri sidang Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda, Jumat, 26 Januari 2024. Mahkamah Internasional hari Jumat (26/1/2024) memerintahkan Israel untuk berhenti membunuhi rakyat Palestina di Gaza dan membuat kerusakan di Jalur Gaza, sementara persidangan kasus tuduhan genosida oleh Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza akan terus dilanjutkan. (Sumber: AP Photo)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik putusan Pengadilan PBB bahwa Israel harus mencegah tindakan genosida di Gaza. Erdogan berharap itu akan menghentikan serangan terhadap warga sipil.

"Kami berharap serangan Israel terhadap perempuan, anak-anak, dan orang tua akan berakhir," ujar Erdogan dalam sebuah pernyataan di media sosial, menyebut putusan ICJ sebagai "berharga".

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran bahkan menyerukan agar otoritas Israel diadili.



Sumber : Times of Israel / International Court of Justice



BERITA LAINNYA



Close Ads x