Kompas TV internasional kompas dunia

Kelompok Houthi Kini Tembak Rudal ke Kapal Perang AS, Konfrontasi Laut Terburuk Beberapa Dekade Ini

Kompas.tv - 27 Januari 2024, 14:45 WIB
kelompok-houthi-kini-tembak-rudal-ke-kapal-perang-as-konfrontasi-laut-terburuk-beberapa-dekade-ini
Kelompok Houthi Yaman meluncurkan rudal hari Jumat (26/1/2024) ke kapal perang Amerika Serikat USS Carney yang patroli di Teluk Aden, menjadi konfrontasi laut terbesar Angkatan Laut AS di Timur Tengah dalam beberapa dekade di wilayah tersebut. (Sumber: US Navy)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Kelompok Houthi Yaman meluncurkan rudal pada Jumat (26/1/2024) ke kapal perang Amerika Serikat USS Carney yang patroli di Teluk Aden, menjadi konfrontasi laut terbesar Angkatan Laut AS di Timur Tengah dalam beberapa dekade di wilayah tersebut.

Serangan rudal atas kapal perang AS USS Carney menjadi konfrontasi laut terbesar Angkatan Laut AS di Timur Tengah dalam beberapa dekade di wilayah tersebut, karena tembakan rudal Houthi membuat kapal dagang lain terbakar pada Jumat malam, seperti laporan Associated Press, Sabtu (27/1/2024).

Sabtu dini hari waktu setempat, pasukan AS melakukan serangan terhadap rudal anti-kapal Houthi yang ditujukan ke Laut Merah dan siap diluncurkan, demikian dikatakan Komando Pusat militer AS.

Saluran berita satelit Houthi, Al-Masirah, mengatakan serangan itu terjadi di dekat kota pelabuhan Hodeida, tetapi tidak memberikan penilaian kerusakan.

Serangan terhadap Carney merupakan kali pertama Houthi secara langsung menargetkan kapal perang AS sejak kelompok tersebut memulai serangan terhadap kapal pada Oktober, kata pejabat AS yang enggan disebutkan namanya karena tidak ada izin untuk membahas insiden tersebut.

Kemudian pada Jumat, operasi maritim Inggris, yang memantau jalur laut di Timur Tengah, mengakui sebuah kapal terkena rudal dan terbakar di Teluk Aden.

Baca Juga: Houthi Klaim Lakukan Serangan ke Kapal Tanker Inggris, London Mengaku Berhak Membalas

Peta Yaman dengan ibu kota Sanaa. Kelompok Houthi Yaman meluncurkan rudal pada Jumat (26/1/2024) ke kapal perang Amerika Serikat USS Carney yang patroli di Teluk Aden, menjadi konfrontasi laut terbesar Angkatan Laut AS di Timur Tengah dalam beberapa dekade di wilayah tersebut. (Sumber: AP Photo)

Juru bicara militer Houthi, Brigadir Jenderal Yahya Saree, tidak mengakui serangan terhadap Carney, tetapi mengklaim serangan rudal terhadap kapal dagang yang membuatnya terbakar. Dia mengidentifikasi kapal tersebut sebagai tanker berbendera Kepulauan Marshall, Marlin Luanda.

Komando Pusat Amerika Serikat hari Jumat malam, (26/1/2024) memastikan kapal Marlin Luanda diserang oleh satu rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan dari Yaman yang dikuasai Houthi.

Carney dan kapal-kapal koalisi lainnya merespons dan memberikan bantuan kepada kapal yang terkena dampak. Komando Pusat mengatakan tidak ada laporan cedera.

Serangan langsung Houthi terhadap kapal perang AS merupakan eskalasi paling agresif dari kampanye mereka di Laut Merah sejak pecahnya perang Israel-Hamas.

AS telah berusaha meredam deskripsi serangan Houthi dan mengatakan sulit untuk menentukan apa yang sebenarnya ingin diincar Houthi untuk mencegah konflik menjadi perang regional yang lebih luas.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x