Kompas TV internasional kompas dunia

Imlek 2024 Akan Jadi Rekor untuk China, Diperkirakan 9 Miliar Perjalanan Bakal Terjadi

Kompas.tv - 10 Februari 2024, 09:44 WIB
imlek-2024-akan-jadi-rekor-untuk-china-diperkirakan-9-miliar-perjalanan-bakal-terjadi
 Tahun Baru Imlek 2024 adalah shio naga kayu yang dimulai pada 10 Februari 2024 hingga 29 Januari 2025. (Sumber: onlymelbourne)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV - Imlek 2024 diyakini bakal jadi rekor untuk China, setelah jutaan orang melintasi negara itu beberapa hari terakhir baik lewat kereta, pesawat dan kendaraan pribadi.

Pejabat setempat memperkirakan akan terjadi rekor 9 miliar perjalanan menjelang tahun baru China, yang akan terjadi pada Sabtu (10/2/2024).

Stasiun kereta, bandara dan jalan raya telah dipenuhi oleh para wisatawan yang membawa koper, perbekalan dan hadiah untuk anggota keluarga dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Pemilu Pakistan: Mengejutkan, Partai Eks PM Imran Khan Dapat Kursi Terbanyak di Parlemen

Hal itu seiring periode sibuk perjalanan Chunyun atau Festival Musim Semi yang berlangsung selama berminggu-minggu, yang dimulai akhir bulan lalu mulai berjalan lancar.

Dikutip dari CNN, Jumat (9/2/2024), pada Chunyun, banyak pekerja meninggalkan kota besar di China dan kembali ke rumahnya di kota kecil atau area pedesaan.

Mereka melakukannya untuk merayakan Imlek bersama keluarga dan teman saat libur nasional selama delapan hari.

Bagi banyak orang, tahun ini, yang merupakan tahun Naga Kayu dalam astrologi China, menandai kembalinya perjalanan normal untuk pertama kali sejak pandemi Covid-19.

Kontrol virus Corona yang dilakukan Pemerintah China sejak 2020, membatasi pergerakan semua orang di penjuru negara itu.

Tahun lalu, liburan Imlek dilakukan sepekan setelah pembatasan diangat, namun bertepatan dengan gelombang infeksi yang mempersulit perjalanan.



Sumber : CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x