Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Tak Pedulikan Resolusi DK PBB, Netanyahu: Kemenangan di Gaza akan Dicapai Beberapa Pekan Lagi

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 10:40 WIB
israel-tak-pedulikan-resolusi-dk-pbb-netanyahu-kemenangan-di-gaza-akan-dicapai-beberapa-pekan-lagi
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (Sumber: Abir Sultan/Pool Photo Via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Israel tak mempedulikan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB, dan menegaskan kemenangan di Gaza bakal dicapai tak lama lagi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu kepada kelompok anggota kelompok Kongres Amerika Serikat (AS).

Ia menegaskan pihaknya telah membunuh pemimpin senior Hamas, dan menegaskan kemenangan Israel di Gaza akan tercapai beberapa pekan lagi.

Baca Juga: Kemlu Sebut Tak Ada WNI jadi Korban Jembatan Runtuh di Baltimore yang Ditabrak Kapal Kontainer

“Kami banyak membunuh pemimpin senior (Hamas), termasuk pemimpin nomor empat dan nomor tiga di Hamas,” kata Netanyahu dikutip dari CNN, Rabu (27/3/2024).

“Kami akan mendapatkan nomor dua dan nomor satu. Itu akan menjadi kemenangan. Kemenangan akan segera diraih. Itu akan terjadi beberapa pekan ke depan,” tambahnya.

Netanyahu mengatakan sangat penting untuk mempertahankan dukungan bipartisan, tetapi khususnya dalam waktu seperti saat ini.

Ia menegaskan bahwa Israel saat ini tak memiliki pilihan lain, tetapi untuk maju ke Rafah, karena menurutnya keberadaan Israel dipertaruhkan.

Sang PM mengatakan sejak serangan Hamas ke selatan Israel, pada 7 Oktober 2023, negara Zionis itu memiliki keselarasan yang luar biasa, dengan pemerintahan Biden.

Tetapi ia menegaskan keduanya memiliki pandangan yang berbeda secara mendasar mengenaio langkah Israel ke Rafah.

Israel sendiri telah menghadapi kritik internasional menjelang rencana serangannya di kota Gaza selatan tersebut, tempat di mana leih dari satu juta orang saat ini mengungsi.

Netanyahu sebelumnya mengatakan kepada delegasi kongres AS itu bahwa pengungsi Palestina di Gaza, bisa pindah keluar dari Rafah dengan tenda mereka.

Pernyataan Netanyahu tersebut kian menegaskan Israel tak mempedulikan resolusi DK PBB, yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza disahkan.

Baca Juga: Dalam Pidato Langka, Komandan Militer Hamas di Gaza Ajak Umat Muslim Bebaskan Masjid Al-Aqsa

Resolusi tersebut yang diusulkan 10 anggota tidak tetap DK PBB, menuntut gencatan senjata segera di bulan Ramadan, pembebasan sandera segera dan tanpa syarat, dan kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran bantuan ke Gaza.

Terkait resolusi tersebut, AS memutuskan tidak memberikan veto, yang membuat Netanyahu marah.

Ia pun membatalkan kunjungan delegasi Pemerintah Israel ke Washington sebagai bentuk protes.


 




Sumber : CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x