Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Berjanji Akan Tutup TV Berita Al Jazeera di Israel

Kompas.tv - 2 April 2024, 12:05 WIB
netanyahu-berjanji-akan-tutup-tv-berita-al-jazeera-di-israel
Jurnalis Al Jazeera, Wael Al-Dahdouh (tengah) mengimami salat jenazah sebelum pemakan istri, dua anak, dan cucunya di luar Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa, Deir Al-Balah, selatan Jalur Gaza, Kamis (26/10/2023). Keluarga Wael terbunuh serangan udara Israel di kamp pengungsian Nuisserat, Rabu (25/10) malam waktu setempat. Al Jazeera dan para jurnalisnya kerap mengalami serangan teror dari Israel. Pada Senin (1/4/2024), Benjamin Netanyahu bahkan berjanji akan menutup media berita tersebut. (Sumber: Ali Mahmoud/Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV — Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin (1/4/2024) berjanji untuk menutup operasi saluran TV berita Al Jazeera di Israel. Dia menyebut Al Jazeera sebagai “media teror” yang menyebarkan hasutan, setelah parlemen mengesahkan undang-undang yang membuka jalan bagi penutupan tersebut.

Janji Netanyahu meningkatkan perseteruan lama Israel terhadap Al Jazeera. Hal ini juga mengancam akan meningkatkan ketegangan dengan Qatar, pemilik saluran tersebut, pada saat pemerintah Doha memainkan peran penting dalam upaya mediasi untuk menghentikan perang di Gaza.

Stasiun televisi tersebut mengecam klaim penghasutan Netanyahu sebagai kebohongan yang berbahaya dan menggelikan. Al Jazeera mengatakan Senin malam bahwa mereka menganggap Netanyahu bertanggung jawab atas keselamatan staf dan kantornya, bahwa mereka akan melanjutkan apa yang mereka gambarkan sebagai pemberitaan yang berani dan profesional, dan bahwa mereka berhak untuk mengambil setiap langkah hukum atas ancaman Netanyahu.

Israel telah lama memiliki hubungan yang buruk dengan Al Jazeera, dan menuduhnya bias terhadap Israel. Hubungan kedua negara mengalami kemerosotan besar hampir dua tahun lalu ketika koresponden Al Jazeera Shireen Abu Akleh terbunuh dalam serangan militer Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Baca Juga: Jurnalis Al Jazeera Ditangkap Israel di Rumah Sakit Al Shifa, Ditelanjangi dan Disiksa

Jurnalis Palestina-Amerika ini terkenal di dunia Arab karena liputan kritisnya terhadap Israel, dan saluran tersebut menuduh Israel sengaja membunuhnya. Israel membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa dia kemungkinan besar terbunuh oleh tembakan Israel dalam peristiwa yang tampaknya merupakan penembakan yang tidak disengaja.

Hubungan kedua negara semakin memburuk setelah pecahnya perang Israel melawan Hamas pada 7 Oktober, ketika kelompok militan tersebut melakukan serangan lintas batas di Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 250 lainnya.

Pada bulan Desember, serangan Israel menewaskan seorang juru kamera Al Jazeera saat dia melaporkan perang di Gaza selatan. Kepala biro saluran tersebut di Gaza, Wael Dahdouh, terluka dalam serangan yang sama.


Jaringan tersebut juga menyalahkan Israel karena membunuh putra Dahdouh dalam serangan pada bulan Januari. Hamza Dahdouh sedang bekerja untuk Al Jazeera ketika serangan itu menghantam mobil yang ia tumpangi. Tentara kemudian mengatakan bahwa Hamza Dahdouh adalah anggota Jihad Islam, sebuah kelompok militan yang bergabung dalam serangan 7 Oktober bersama Hamas.

Istri Wael Dahdouh, anak perempuan dan anak laki-laki lainnya kemudian tewas bersama cucunya dalam serangan Israel lainnya pada bulan Oktober lalu. Media tersebut menyiarkan gambar Dahdouh memasuki rumah sakit dan berduka saat dia mengintip tubuh putranya yang telah meninggal. Israel belum mengatakan siapa sasaran serangan itu.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x