Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Strategi Iran Memperluas Pengaruh di Timur Tengah Lewat Kelompok Militan Anti Israel dan AS

Kompas.tv - 16 April 2024, 12:32 WIB
inilah-strategi-iran-memperluas-pengaruh-di-timur-tengah-lewat-kelompok-militan-anti-israel-dan-as
Pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah. Iran melakukan serangan besar-besaran dengan 350 drone dan rudal jelajah serta balistik terhadap Israel, yang diklaim Tel Aviv berhasil dicegat 99 persen. Satu persen rudal yang mengena sasaran dilaporkan adalah rudal hipersonik atas pangkalan udara Israel, kandang jet tempur F-35. Selain itu rudal dan drone meluncur dari berbagai pasukan milisi di Lebanon, Irak, dan Suriah. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

TEHERAN, KOMPAS.TV - Saat Israel bersiap menghadapi pembalasan atas serangan udara tanggal 1 April terhadap bangunan diplomatik Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pejabat intelijen Iran menimbang dua kemungkinan: Iran menyerang Israel secara langsung atau melalui jaringan milisi yang telah didukung dan dibesarkan selama beberapa dekade.

Pada tanggal 13 April, Iran memilih opsi pertama, untuk saat ini, dan meluncurkan drone pengebom dan rudal, baik jelajah maupun balistik, ke arah Israel, seperti laporan Bloomberg, Minggu, 14/4/2024.

Iran melakukan serangan besar-besaran dengan 350 drone dan rudal jelajah serta balistik terhadap Israel, yang diklaim Tel Aviv berhasil dicegat 99 persen. Satu persen rudal yang mengena sasaran dilaporkan adalah rudal hipersonik atas pangkalan udara Israel, kandang jet tempur F-35. Selain itu rudal dan drone meluncur dari berbagai pasukan milisi di Lebanon, Irak, dan Suriah.

Milisi-milisi itu, yang telah meningkatkan aksi mereka melawan Israel sejak dimulainya perangnya dengan kelompok Palestina yang didukung Iran, Hamas, pada bulan Oktober, mungkin masih meningkatkan agresi mereka jika ketegangan antara Israel dan Iran memicu konflagrasi regional yang lebih luas.

Sejak Revolusi Islam 1979, Iran telah membiayai dan mempersenjatai kelompok-kelompok militan di luar negeri, ketika pemimpin  Muslim Syiah baru negara itu berusaha menyebar misi mereka ke wilayah lain di kawasan.

Mereka dibesarkan oleh Pasukan Quds Iran, sebuah sayap dari Pasukan Pengawal Revolusi Islam elit negara itu yang muncul dari perang Iran 1980 hingga 1988 dengan Irak.

Meskipun Iran berhasil bertahan dari pasukan Irak yang lebih bersenjatakan dan didukung oleh Barat, biaya ekonomi dan manusianya sangatlah besar. Pemimpin Iran telah menghindari perang terbuka sejak itu, lebih memilih penafian dan tingkat korban yang lebih rendah oleh operasi rahasia dan pasukan proksi.

Baca Juga: Iran Peringatkan Israel dan AS, Bakal Ada Serangan Lebih Besar jika Lakukan Balasan

Unjuk rasa melawan Israel di Tehran. Iran meluncurkan 350 drone pengebom, rudal jelajah dan balistik terhadap Israel hari Minggu yang diklaim Israel berhasil dicegat hampir seluruhnya. Inilah pertimbangan politik, militer, dan ekonomi Tehran saat memutuskan serangan. (Sumber: Al Jazeera / AP Photo)

Hizbullah atau Hezbollah

Fokus awal dari strategi milisi Iran ada di Lebanon, di mana Iran mendukung kelompok Syiah Hezbollah. Hezbollah dibentuk pada tahun 1982 sebagai reaksi terhadap pendudukan Israel di selatan negara itu, dan terinspirasi oleh revolusi Iran.

Meskipun Israel mundur dari Lebanon tahun 2000, Hezbollah terus menyerangnya, dengan alasan bahwa Israel masih menduduki sebagian wilayah Lebanon.

Israel dan Hezbollah terlibat dalam pertempuran berulang kali, termasuk perang pada tahun 2006. Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang terbaru kelompok itu dengan Israel, Hezbollah mulai meluncurkan serangan rudal, mortir, dan roket ke utara Israel sebagai solidaritas dengan kelompok Hamas Palestina.

Seperti Hamas, Hezbollah ditetapkan oleh Amerika Serikat sebagai organisasi teroris. Kelompok ini diyakini bertanggung jawab atas sejumlah serangan besar terhadap target-target AS pada tahun 1980-an.

MIsalnya pihak berwenang di Argentina menyalahkan Hezbollah atas dua serangan bom di Buenos Aires, satu di kedutaan besar Israel yang menewaskan 29 orang pada tahun 1992, yang lainnya di pusat komunitas Yahudi yang menewaskan 85 orang dua tahun kemudian. AS dan Israel mengatakan Iran berada di balik serangan-serangan tersebut.

Kelompok Houthi di Yaman

Pasukan Quds dirancang, menurut Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei pada tahun 1990, untuk "mendirikan sel-sel Hezbollah yang populer di seluruh dunia." Manifestasi terbaru dari kebijakan itu adalah manuver Iran membangun pemberontak Houthi di Yaman.

Houthi, pengikut cabang Zaidi dari Islam Syiah, telah mengendalikan barat laut Yaman sejak pecah perang saudara pada tahun 2014. Senjata, pelatihan, dan intelijen Iran telah memungkinkan mereka untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan militer.



Sumber : Bloomberg / Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x