Kompas TV internasional kompas dunia

Retno Marsudi Hubungi Menlu Hungaria soal Situasi Timur Tengah: Kita Tidak Ingin Lihat Ada Eskalasi

Kompas.tv - 18 April 2024, 12:37 WIB
retno-marsudi-hubungi-menlu-hungaria-soal-situasi-timur-tengah-kita-tidak-ingin-lihat-ada-eskalasi
Menlu Retno kala berbicara upaya Indonesia merajut damai di Palestina di Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Jumat (12/4/2024). (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Hongaria atau Hungaria guna membahas ketegangan yang terjadi antara Iran dan Israel.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024).

“Intinya adalah semalam saya juga melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Hungaria karena Hungaria cukup dekat dengan Israel dan kita kembali lagi, prinsipnya semua pihak yang saya hubungi sama, bahwa kita tidak ingin melihat adanya eskalasi. Tetapi, kita tahu perlu kerja keras semua pihak untuk menghindari eskalasi,” kata Retno.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Menlu China Wang Yi, Bahas Kerja Sama Ekonomi hingga Situasi di Timur Tengah

Dalam komunikasi tersebut, Retno Marsudi mengatakan, Indonesia siap menggunakan pengaruhnya untuk mendeeskalasi situasi yang terjadi di Timur Tengah.

“Oleh karena itu, kita gunakan pengaruh kita semua agar deeskalasi terjadi dan saya sampaikan isi pembicaraan saya dengan Menteri Luar Negeri Iran, dengan menteri luar negeri negara-negara Arab, dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan saya akan terus melakukan komunikasi karena kita tahu masalahnya cukup kompleks,” ujar Retno.

“Tetapi semua pihak juga paham kalau isu Palestina, isu Gaza tidak diselesaikan, maka akan sulit mewujudkan kestabilan di kawasan Timur Tengah.”

Baca Juga: Indikator Politik Sebut Elektoral Ridwan Kamil Tertinggi di Pilkada DKI, Selisih Tak Jauh Sama Anies


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x