Kompas TV internasional kompas dunia

Potret Kim Jong-un Kini Dipajang di Tempat Umum Disamping Kim Il Sung dan Kim Jong-il, Apa Artinya?

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 07:15 WIB
potret-kim-jong-un-kini-dipajang-di-tempat-umum-disamping-kim-il-sung-dan-kim-jong-il-apa-artinya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kiri, memeriksa ruang kelas di sekolah pelatihan kader pusat yang baru dibangun di Pyongyang, Korea Utara, Selasa (21 Mei 2024). (Sumber: KCNA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SEOUL, KOMPAS TV - Untuk pertama kalinya, potret pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, ditampilkan bersama dengan potret ayah dan kakeknya, memicu spekulasi tentang pesan yang ingin disampaikan.

Apa yang Terjadi?

Hari Rabu (22/5/2024) media negara Korea Utara merilis foto potret besar Kim Jong Un dipajang di dinding gedung bersama potret Kim Jong Il dan Kim Il Sung. Potret ini ditampilkan selama kunjungannya ke Sekolah Pelatihan Kader Pusat Partai Pekerja yang berkuasa.

Foto lain dari media negara menunjukkan potret kecil ketiga pemimpin ini ditempatkan berdampingan di sebuah kelas, di mana Kim Jong Un duduk di kursi dan berbicara dengan pejabat yang mencatat ucapannya.

Pengamat lama Korea Utara mengatakan ini adalah pertama kalinya Korea Utara mempublikasikan gambar yang menunjukkan potret Kim Jong Un dipasang bersama dengan potret dua pemimpin sebelumnya sejak Kim Jong Un mengambil alih kekuasaan pada akhir 2011.

Baca Juga: Adik Kim Jong-un Marah dan Membantah Korea Utara Memasok Senjata ke Rusia

Apakah Kim Meningkatkan Kultus Individunya?

Memasang potretnya di samping potret ayah dan kakeknya menunjukkan bahwa Kim Jong Un ingin meningkatkan statusnya setara dengan dua pemimpin sebelumnya, yang sangat dihormati dan dianggap seperti dewa. Menurut Kwak Gil Sup, kepala Pusat One Korea, ini menandakan Kim Jong Un ingin memulai era baru.

Meskipun beberapa ahli asing meragukan kekuasaan Kim, dia masih belum mencapai tingkat kultus pribadi yang sama seperti pendahulunya.

Mereka diabadikan dalam banyak patung dan mosaik di seluruh Korea Utara, ulang tahun mereka adalah dua hari libur terbesar di negara itu, dan semua orang dewasa Korea Utara mengenakan pin bergambar mereka.

Kwak mengatakan potret Kim Jong Un kemungkinan akan digantung di semua rumah tangga dan ulang tahunnya bisa menjadi hari libur resmi.

Tempat di mana potret ini dipajang adalah fasilitas pendidikan tertinggi untuk pejabat partai. Ini menunjukkan bahwa Kim Jong Un ingin memulai era baru dengan orang-orang baru.

Pengamat mengatakan Kim membutuhkan dukungan domestik yang lebih kuat karena ia menghadapi kesulitan ekonomi dan ketegangan berkepanjangan dengan Amerika Serikat atas program nuklirnya.

Pada bulan Januari, Kim mengumumkan bahwa ia tidak akan lagi mengejar penyatuan damai dengan Korea Selatan, sebuah kebijakan yang lama dihargai oleh ayah dan kakeknya.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


VOD

Menyoroti Pro-Kontra RUU Penyiaran

16 Juni 2024, 07:06 WIB

Close Ads x