Kompas TV internasional kompas dunia

Gitar John Lennon Terjual Rp47 Miliar di Pelelangan, Jadi Peninggalan The Beatles Termahal

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 15:22 WIB
gitar-john-lennon-terjual-rp47-miliar-di-pelelangan-jadi-peninggalan-the-beatles-termahal
Gitar John Lennon yang dilelang di Hard Rock Cafe, New York, Rabu (29/5/2024). (Sumber: Erik Pendzich/Rex/Shutterstock Via The Guardian)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Gitar John Lennon terjual USD2,9 juta atau setara Rp47 miliar dalam pelelangan.

Penjualan itu pun menjadi rekor dunia sebagai gitar The Beatles termahal yang telah dijual.

Gitar akustik Hootenanny 12 senar tersebut, digunakan dalam perekaman dalam album The Beatles dan film pada 1965, Help!.

Baca Juga: Rp23 Miliar Dikeluarkan untuk Jam Saku Emas Titanic, Harga Termahal dari Peninggalan Kapal Itu

Gitar itu tak pernah lagi terlihat dimainkan dalam waktu lebih dari 50 tahun.

Instrumen musik itu sempat dimiliki oleh gitaris Skotlandia, Gordon Waller, yang dikenal sebagai salah satu dari duo Peter and Gordon.

Beberapa dekade kemudian, pemiliknya yang baru yang tinggal di pedesaan Inggris menemukan kembali gitar tersebut, dan melelangnya.

Dikutip dari The Guardian, gitar itu dibeli setelah mendapatkan penawaran di Hard Rock Café, New York, Rabu (29/5/2024), sebagai bagian dari dua hari penjualan ikon musik oleh Pelelangan Julien.

“Kami sangat senang dan terhormat membuat rekor dunia baru dengan penjualan gitar Hootenanny John Lennon yang hilang,” kata Ketua Eksekutif Pelelangan David Goodman.

Ia menegaskan gitar tersebut tak hanya bagian dari sejarah musik, tetapi juga simbol dari warisan John Lennon.

“Penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini merupakan bukti daya tarik abadi penghormatan terhadap musik Beatles dan John Lennon,” ujarnya.

Gitar itu dibuat oleh Perusahaan Framus dari Bavaria pada awal 1960-an, dan terlihat di film The Beatles, Help! Ketika mereka memainkan lagu You’ve Got to Hide Your Love Away.

Baca Juga: Ngeri! Pria Ini Tewas Terisap Baling-Baling Mesin Pesawat yang Siap Lepas Landas

Gitar itu juga dilakukan pada sesi rekaman untuk lagu Help!, It’s Only Love, I’ve Just Seen a Face, dan juga untuk Norwegian Wood.

Pendiri dan Direktur Eksekutif Pelelangan Julien Darren Julien, mengatakan ia bepergian ke Inggris untuk memverifikasi gitar tersebut di rumah yang menyimpan tas gitar aslinya, yang sidah dibuang ke tempat sampah.

Julien mengatakan ia telah mengonfirmasikan asal muasal gitar itu lewat Sejarawan The Beatles Andy Babiuk dan Danny Bennett.



Sumber : The Guardian



BERITA LAINNYA



Close Ads x