Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Fransiskus Akan Lakukan Kunjungan Apostolik ke Indonesia, Apa Saja Agendanya?

Kompas.tv - 7 Juni 2024, 07:00 WIB
paus-fransiskus-akan-lakukan-kunjungan-apostolik-ke-indonesia-apa-saja-agendanya
Paus Fransiskus saat menyampaikan pidato dalam audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 22 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, dijadwalkan akan melakukan perjalanan apostolik ke empat negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Kunjungan ini akan berlangsung dari 2 hingga 13 September 2024, dan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dari tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Rangkaian kunjungan Paus Fransiskus selanjutnya akan mencakup Port Moresby dan Vanimo di Papua Nugini (6-9 September), Dili di Timor Leste (9-11 September), serta Singapura (11-13 September). 

Logo dan motto resmi kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang. (Sumber: Vatican News)

Sebagai bagian dari persiapan, tim pendahulu dari Vatikan telah melakukan beberapa kali survei lokasi dan memastikan bahwa Paus Fransiskus akan hadir di ibu kota Jakarta.

Meskipun kota Jakarta telah dikonfirmasi sebagai lokasi kunjungan, rincian agenda dan program selama perjalanan apostolik ini masih dalam tahap persiapan dan menunggu persetujuan dari tim Vatikan. 

Nantinya, informasi lebih lanjut akan diterbitkan pada waktunya melalui jalur komunikasi resmi Sekretariat Vatikan dan Perwakilan Pemerintah Indonesia, yakni Kementerian Luar Negeri, serta didukung oleh Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus melalui website www.mirifica.net.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia dalam Rangka Perjalanan "Apostolik"

“Karena hingga saat ini belum ada area, lokasi, maupun agenda yang secara resmi diumumkan, diharapkan umat dapat berhati-hati dalam menerima informasi dan tidak mudah mempercayai program yang beredar tidak dari jalur komunikasi resmi," ujar Romo Ulun Ismoyo, Pr, juru bicara Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, dalam rilis yang diterima KompasTV.

Ia juga mengajak umat Katolik untuk mempersiapkan kerohanian dan spiritualitas dalam penantian kedatangan Paus Fransiskus dengan berdoa dan meresapi nilai serta pemikiran Paus.

"Selain itu, dalam penantian kedatangan Bapa Suci ke Indonesia hendaknya umat Katolik dapat mempersiapkan kerohanian dan spiritualitas dengan berdoa dan meresapi nilai – nilai serta pemikiran Paus Fransiskus," imbuhnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x