Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Bakar Pintu Penyeberangan Rafah, Lanjutkan Serangan ke Gaza

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 07:54 WIB
israel-bakar-pintu-penyeberangan-rafah-lanjutkan-serangan-ke-gaza
Gerbang perbatasan Rafah. Tentara Israel membakar habis gedung keberangkatan di pintu penyeberangan Rafah di sisi Palestina, dan memutus hubungan Jalur Gaza dari dunia luar, Senin (17/6/2024). (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

GAZA CITY, KOMPAS.TV - Tentara Israel membakar habis gedung keberangkatan di pintu penyeberangan Rafah di sisi Palestina, dan memutus hubungan Jalur Gaza dari dunia luar, Senin (17/6/2024).

Dilaporkan Anadolu, setelah menguasai pintu penyeberangan Rafah sejak 40 hari lalu, tentara Israel membakar fasilitas dan bangunan lainnya di pintu perbatasan Jalur Gaza-Mesir tersebut.

Beberapa akun media sosial Palestina membagikan gambar-gambar ruang keberangkatan yang sudah hangus terbakar.

Sementara serangan militer Israel di area Koridor Philadelphia Rafah, zona penyangga demiliterisasi sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir, terus berlanjut.

Di Oslo, Kepala UNRWA Philippe Lazzarini, Senin, menyatakan Israel terus menyerang wilayah selatan Gaza termasuk Rafah, meskipun pada Minggu (16/6/2024) telah mengumumkan jeda taktis pertempuran untuk memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu, mengkritik rencana jeda taktis pertempuran yang diumumkan militernya.

"Ada informasi keputusan seperti itu telah diambil, tetapi level politik (Israel) mengatakan tidak ada keputusan seperti itu yang diambil," kata Lazzarini dalam konferensi pers.

Baca Juga: Hari Kedua Iduladha: Israel Terus Bombardir Gaza, Keluarga Palestina Tak Punya Kesempatan Berkumpul

"Jadi untuk saat ini, saya bisa katakan serangan terus berlanjut di Rafah dan di selatan Gaza. Secara operasional, belum ada yang berubah."

Pada Senin, militer Israel mengeklaim pasukannya terus melakukan operasi berbasis intelijen yang difokuskan di area Rafah, termasuk pertempuran jarak dekat dengan pejuang Palestina dan penangkapan serta penghancuran senjata.



Sumber : Anadolu/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x