Kompas TV internasional kompas dunia

Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus akan Kunjungi Masjid Istiqlal pada 5 September 2024

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 13:28 WIB
datang-ke-indonesia-paus-fransiskus-akan-kunjungi-masjid-istiqlal-pada-5-september-2024
Paus Fransiskus saat menyampaikan pidato dalam audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 22 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal menjadi salah satu agenda Uskup Roma itu saat datang ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang.

Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi Masjid terbesar se-Asia Tenggara itu pada 5 September 2024.

"Insya Allah tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 (September), Paus akan datang ke Indonesia. Tanggal 5 di Istiqlal, juga sekaligus pasti teman-teman wartawan sudah tahu," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, Senin (17/6/2024) dikutip dari Tribunnews.

Nasaruddin menyebut, kedatangan Paus Fransiskus itu sejalan dengan tujuan Masjid Istiqlal yang selalu menyuarakan toleransi antar umat beragama.

Menurutnya, toleransi akan menumbuhkan pengertian di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia dalam Rangka Perjalanan "Apostolik"

Seperti yang diketahui, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik ke empat negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Kunjungan tersebut akan berlangsung dari 2 hingga 13 September 2024, dengan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dari tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Logo dan motto resmi kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang. (Sumber: Vatican News)

Rangkaian kunjungan Paus Fransiskus selanjutnya akan mencakup Port Moresby dan Vanimo di Papua Nugini (6-9 September), Dili di Timor Leste (9-11 September), serta Singapura (11-13 September). 

Sebagai bagian dari persiapan, tim pendahulu dari Vatikan telah melakukan beberapa kali survei lokasi dan memastikan bahwa Paus Fransiskus akan hadir di ibu kota Jakarta.

Meskipun kota Jakarta telah dikonfirmasi sebagai lokasi kunjungan, rincian agenda dan program selama perjalanan apostolik ini masih dalam tahap persiapan dan menunggu persetujuan dari tim Vatikan. 

Nantinya, informasi lebih lanjut akan diterbitkan pada waktunya melalui jalur komunikasi resmi Sekretariat Vatikan dan Perwakilan Pemerintah Indonesia, yakni Kementerian Luar Negeri, serta didukung oleh Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus melalui website www.mirifica.net.

Baca Juga: Paus Fransiskus Akan Lakukan Kunjungan Apostolik ke Indonesia, Apa Saja Agendanya?


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x