Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan Sehari setelah Rusia dan Korea Utara Teken Perjanjian Keamanan

Kompas.tv - 23 Juni 2024, 01:05 WIB
kapal-induk-as-tiba-di-korea-selatan-sehari-setelah-rusia-dan-korea-utara-teken-perjanjian-keamanan
Theodore Roosevelt (CVN 71), kapal induk bertenaga nuklir berlabuh di Busan, Korea Selatan, Sabtu, 22 Juni 2024. Kapal indukini datang untuk ikut serta dalam latihan militer bersama dengan angkatan laut Jepang dan Korea Selatan, bertujuan menghadapi ancaman dari Korea Utara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Theodore Roosevelt, dengan gugus tempur samudera mereka tiba di Korea Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Kapal induk ini datang untuk ikut serta dalam latihan militer bersama dengan angkatan laut Jepang dan Korea Selatan, bertujuan menghadapi ancaman dari Korea Utara yang semakin meningkat setelah adanya kesepakatan keamanan antara Korea Utara dan Rusia.

Kedatangan kapal induk ini di Busan terjadi sehari usai Korea Selatan memanggil Duta Besar Rusia untuk memprotes kesepakatan militer antara Rusia dan Korea Utara.

Kesepakatan ini berisi janji untuk saling membantu jika terjadi perang. Korea Selatan khawatir kesepakatan ini mengancam keamanannya dan memperingatkan mereka mungkin akan mengirim senjata ke Ukraina sebagai tanggapan, yang bisa merusak hubungannya dengan Rusia.

Latihan militer yang disebut "Freedom Edge" ini diumumkan setelah pertemuan antara pemimpin pertahanan AS, Korea Selatan, dan Jepang di Singapura pada bulan Juni.

Laksamana Muda Christopher Alexander, komandan Carrier Strike Group Nine, atau gugus tempur laut 9, mengatakan latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan taktis kapal-kapal perang dan kerja sama antara angkatan laut ketiga negara.

"Kami siap menanggapi krisis dan keadaan darurat apapun," ujarnya.

Angkatan Laut Korea Selatan menyatakan kedatangan kapal induk ini menunjukkan kekuatan pertahanan dan "kemauan tegas untuk menanggapi ancaman Korea Utara yang semakin meningkat."

Kunjungan ini terjadi tujuh bulan setelah kapal induk AS lainnya, USS Carl Vinson, datang ke Korea Selatan sebagai unjuk kekuatan terhadap Korea Utara.

Baca Juga: Test Drive Mobil Hadiah, Putin Sopiri Kim Jong Un di Pyongyang Korea Utara

Pesawat tempur F-18 di hangar Theodore Roosevelt (CVN 71), kapal induk bertenaga nuklir, berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Busan, Korea Selatan, Sabtu, 22 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x