Kompas TV lifestyle tren

Hari Kesadaran Albinisme Internasional Diperingati Tiap 13 Juni, Kenapa Orang Bisa Lahir Albino?

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 06:00 WIB
hari-kesadaran-albinisme-internasional-diperingati-tiap-13-juni-kenapa-orang-bisa-lahir-albino
Ilustrasi. Hari Kesadaran Albinisme Internasional diperingati tiap 13 Juni (Sumber: Shutterstock via Healthline)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kesadaran Albinisme atau International Albinism Awareness Day diperingati pada 13 Juni setiap tahunnya. Tahun ini jatuh pada Selasa (13/6/2023).

Tujuan memperingati Hari Kesadaran Albinisme Internasional adalah untuk menghentikan sikap diskriminasi terhadap mereka yang didiagnosis menderita albinisme.

Selain itu, peringatan ini juga bertujuan untuk memberi kesadaran bahwa orang dengan albinisme juga manusia biasa seperti orang pada umumnya.

Sebagai informasi, albinisme atau albino adalah kondisi kelainan genetik yang disebabkan kurangnya produksi melanin dalam tubuh, yaitu pigmen yang memberi warna kulit, rambut, dan mata.

Tahun ini, tema Hari Kesadaran Albinisme 2023 yaitu "Inklusi adalah Kekuatan", didasarkan pada tema tahun lalu yaitu "Bersatu dalam Membuat Suara Kita Didengar".

Tujuannya adalah untuk memastikan suara orang-orang dengan albinisme didengar dan dipertimbangkan di semua sektor kehidupan.

Lantas, sejak kapan 13 Juni diperingati sebagai Hari Kesadaran Albinisme Internasional?

Baca Juga: Nasib Buruk Anak-anak Albino dari Tanzania

Sejarah Hari Kesadaran Albinisme

Melansir albinism.org, pada 18 Desember 2014, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang menetapkan 13 Juni sebagai Hari Kesadaran Albinisme Internasional.

Resolusi bersejarah ini menegaskan fokus global pada advokasi albinisme.

Organisasi Nasional untuk Albinisme dan Hipopigmentasi (NOAH) bergabung dengan komunitas albinisme di seluruh dunia untuk merayakan dan mempromosikan kesadaran albinisme pada tanggal 13 Juni setiap tahun.

Mendiang Duta Besar Misi Somalia untuk PBB, Jenewa, Yusuf Mohamed Ismail Bari-Bari, memimpin upaya pengesahan resolusi bekerja sama dengan Under the Same Sun, sebuah organisasi yang mempromosikan dan melindungi hak-hak orang dengan albinisme, khususnya di Afrika.



Sumber : Kemkes.go.id, albinism.org



BERITA LAINNYA



Close Ads x