Kompas TV lifestyle kesehatan

Benarkah Torpedo Kambing Bisa Tingkatkan Gairah Seksual? Ini Penjelasan Dokter

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 14:30 WIB
benarkah-torpedo-kambing-bisa-tingkatkan-gairah-seksual-ini-penjelasan-dokter
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mengecek kondisi hewan kambing di salah satu pedagang musiman hewan kurban di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Iduladha merupakan momen bagi umat Islam untuk melakukan penyembelihan dan membagikan daging hewan kurban kepada masyarakat yang berhak. 

Usai penyembelihan, banyak warga yang menginginkan potongan kurban yang dianggap penting, salah satunya adalah bagian torpedo kambing.

Torpedo kambing dianggap dapat meningkatkan gairah seksual pada laki-laki. Bukan cuma torpedo, mengonsumsi daging kambing setengah matang juga masih dipercaya oleh masyarakat dapat meningkatkan libido. Apakah itu benar? 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa anggapan itu adalah mitos. 

"Informasi seputar torpedo (kambing) dan konsumsi daging setengah matang sudah diyakini lama meningkatkan gairah seksual atau libido walau ilmu pengetahuan sampai saat ini masih mengatakan bahwa ini sebenarnya hanya mitos yang terus berkembang di tengah masyarakat," kata dia dikutip dari Antara.

Baca Juga: Media Inggris Laporkan Gempita Iduladha di Indonesia, Ungkap Sempat Dikhawatirkan Wabah Tahun Lalu

Dia mengakui bahwa memang torpedo kambing banyak mengandung testosteron yang dapat meningkatkan gairah seksual, namun sebenarnya peningkatan gairah seksual terjadi karena banyak faktor lainnya dan tidak semata-mata berhubungan dengan makanan. 


"Bisa saja karena merasa sudah mengonsumsi torpedo kambing seseorang merasa yakin bahwa libidonya meningkat, dan bisa saja justru semangat tinggi inilah yang akhirnya meningkatkan libido seseorang tersebut," kata dia. 

Selain itu Ari mengingatkan agar tidak mengonsumsi daging kurban, baik itu sapi atau kambing secara berlebihan agar tetap sehat di perayaan Iduladha. 

"Jadi daging tetap penting karena mengandung protein tinggi yang penting, tetapi jangan dikonsumsi berlebihan," ujarnya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan saat Iduladha, Ahli Gizi Sarankan Makan Buah Ini Sebelum Santap Daging Kurban




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x