Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Langkah Ini Dipercaya Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Sehat

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 13:30 WIB
5-langkah-ini-dipercaya-dapat-meningkatkan-kualitas-hidup-sehat
Ilustrasi Gaya Hidup  Sehat (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS TV -Sehat itu harta yang berhargaSetiap orang mendambakan kesehatan.

Menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Untuk memiliki kualitas hidup yang sehat, diperlukan langkah-langkah yang harus diterapkan seumur hidup secara teratur, serta memerlukan waktu yang lama untuk bisa merasakan dampak kesehatan tersebut.

Dilansir Healthline.com, berikut ini adalah 5 langkah yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat.

1. Hindari kebiasaan buruk masuk ke dalam rutinitasmu.

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, serta mengonsumsi obat-obat terlarang dapat membuat banyak orang ketagihan hingga sulit untuk berhenti.

Tidak hanya itu, ternyata sering mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat juga dapat menjadi kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit.

Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, diperlukan cara efektif untuk merubah kebiasaan tersebut, yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, serta beberapa kebiasaan buruk lainnya yang dapat mengakibatkan kesehatan yang menurun.

Baca Juga: 4 Kebiasaan pada Malam Hari Ini Diyakini Dapat Membuat Panjang Umur

2. Olahraga

Olahraga dapat memastikan tubuh, otak, dah hormon berfungsi secara optimal. Olahraga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dan hormon pertumbuhan yang sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kesehatan.

Olahraga juga dapat membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, Alzheimer, dan masih banyak lagi.

Selain itu, olahraga dapat membantu menghilangkan lemak, terutama jika dikombinasikan dengan diet yang sehat.

Olahraga tidak hanya membakar kalori, tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon, dan menurunkan risiko penyakit.

Tidak perlu pergi ke gym atau memiliki peralatan yang mahal jika kamu ingin berolahraga. Kamu dapat berolahraga di rumah dengan melakukan pencarian di Google atau Youtube.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat berjalan-jalan ke luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari sebagai vitamin D alami.

3. Tidur dengan waktu yang berkualitas



Sumber : Healthline.com, Kompas.com, PubMed. Central, sciencedirect.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x