Kompas TV lifestyle tren

Cara Basmi Tikus dari Rumah Hanya Gunakan Kantong Teh, Terbukti Ampuh!

Kompas.tv - 17 September 2023, 07:00 WIB
cara-basmi-tikus-dari-rumah-hanya-gunakan-kantong-teh-terbukti-ampuh
Ilustrasi tikus. Berikut cara mengusir tikus dari rumah dengan kantong teh. (Sumber: Joshua J. Cotten on Unsplash)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh celup hitam, selain menjadi minuman favorit di banyak rumah tangga, ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir tikus secara alami. Simak caranya!

Meskipun terasa tidak mungkin, bukti menunjukkan bahwa aroma teh hitam dapat menjadi senjata ampuh melawan hewan pengerat ini. Tak hanya itu, cara ini juga ramah lingkungan dan tidak membahayakan keluarga serta hewan peliharaan Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa teh hitam mengandung 11-15 persen tanin, tertinggi dari semua jenis teh.

Senyawa tanin inilah yang bekerja untuk mengusir tikus. Tikus memiliki indera penciuman yang sangat peka, dan mereka sangat tidak suka dengan aroma kuat yang dihasilkan oleh teh hitam celup. 

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus dengan 6 Bau yang Tidak Mereka Sukai, Dijamin Kabur

Cara untuk Mengusir Tikus dengan Kantong Teh Hitam

Melansir Pest Pointer, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dengan kantong teh hitam:

1. Seduh Teh Hitam

Pertama-tama, seduhlah secangkir teh hitam menggunakan kantong teh. Biarkan teh dingin agar kantong teh terisi dengan aroma kuat yang tidak disukai oleh tikus.

Anda dapat menikmati secangkir teh tersebut. Jika teh sudah habis, jangan buang dulu kantong tehnya. Peras air yang tersisa dan pastikan kantong teh tidak basah.

2. Tempatkan Kantong Teh 

Letakkan kantong teh bekas di lokasi-lokasi strategis di sekitar rumah Anda yang sering menjadi tempat masuk tikus, seperti di balik lemari, di sudut gelap, atau di bawah wastafel


 

3. Ganti Kantong Teh

Untuk menjaga aroma kuat yang dapat mengusir tikus, gantilah kantong teh secara berkala. Ini berarti Anda juga bisa menikmati secangkir teh lagi sebelum menggunakan kantong teh bekasnya.

Baca Juga: Tips Cara Usir Tikus yang Lebih Efektif, Gunakan Peppermint dan Minyak Esensial

Selain itu, Anda dapat memadukan penggunaan teh celup hitam dengan teknik pencegahan alami lainnya, seperti menjaga rumah tetap bersih dan rapi, menyegel semua titik masuk potensial, atau bahkan mengadopsi kucing sebagai sahabat yang dapat membantu mengusir tikus.

Demikian cara mengusir tikus dengan kantong teh. Selamat mencoba!



Sumber : Pest Pointer


BERITA LAINNYA



Close Ads x