Kompas TV lifestyle kesehatan

Bisa Berbahaya, Jangan Campur 5 Bahan Makanan Ini ke dalam Teh

Kompas.tv - 26 September 2023, 05:55 WIB
bisa-berbahaya-jangan-campur-5-bahan-makanan-ini-ke-dalam-teh
Resep teh jahe untuk menu sahur, minuman sehat cocok untuk penderita asam lambung. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh menjadi minuman populer di dunia, termasuk di Indonesia. Teh terbuat dari daun Camellia sinensis atau daun pohon teh.

Dikutip dari laman Healthline, teh memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Teh terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung antioksidan. 

Teh juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah sekaligus. Sayangnya, banyak orang belum tahu, ragam manfaat teh di atas akan hilang atau justru berbahaya bagi tubuh jika salah dalam mengonsumsi teh.

Ada beberapa bahan yang tidak boleh dikonsumsi bersama teh, karena dapat mengganggu penyerapan nutrisi atau menyebabkan efek samping lainnya.

Berikut adalah beberapa bahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama teh:

1. Susu

Baca Juga: Cara Basmi Tikus dari Rumah Hanya Gunakan Kantong Teh, Terbukti Ampuh!

Susu mengandung protein yang dapat mengikat tanin dalam teh. Tanin adalah senyawa yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan. 

Oleh karena itu, minum teh bersama susu tidak disarankan karena dapat mengganggu penyerapan zat besi. Susu dengan lemak lebih tinggi juga mengurangi kandungan antioksidan dalam teh.

Senyawa kimia seperti polifenol atau flavonoid bertindak sebagai antioksidan, yang mengontrol efek merusak dari radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, senyawa tersebut menjadi komponen kunci yang membuat teh menjadi minuman yang menyehatkan.

Menambahkan susu ke dalam teh juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Lemon




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x