Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Cara Jaga Kesehatan Mental Tanpa Khawatir Kantong Kering

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 04:05 WIB
5-cara-jaga-kesehatan-mental-tanpa-khawatir-kantong-kering
Ilustrasi remaja. (Sumber: Freepik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di era yang serba instan dan cepat ini, banyak orang terutama anak-anak muda yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Founder Stress Management Indonesia Coach Pris menerangkan bahwa terkadang, masalah pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab stres atau stressor paling kuat yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Menurut dia, beban pekerjaan, lingkungan, dan persaingan yang tidak sehat bisa membuat kesehatan mental semakin buruk bila tidak diatasi lebih lanjut.

Pris berpendapat, kondisi fisik dan mental seseorang yang prima bisa membuat orang itu menjaga dan mengelola keuangan dengan baik.

Ia pun membagikan lima cara untuk mengurangi stres dan mencegah burnout serta depresi tanpa bikin kantong kering:

1. Terapkan gaya hidup sehat

Orang bisa memulai untuk menjaga kesehatan mental dengan merawat diri sebaik mungkin yakni tidur cukup, makan makanan yang bergizi, dan minum air secukupnya.

Selain itu, berolahraga juga bisa membantu untuk lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya. Pris mengatakan, dengan menjaga diri lebih baik, pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh juga akan terasa lebih segar.

2. Bersosialisasi dan kembangkan rasa syukur

Orang tidak harus menghadapi dan melakukan semua hal sendirian. Bila merasa beban emosi menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, Anda bisa coba bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

Bantuan dan pengertian dari orang-orang yang dipercayai sangat berarti untuk kesehatan mental seseorang. Hal itu juga bisa menumbuhkan rasa syukur yang lebih dalam.

Selain itu, saat banyak bersyukur, orang bisa lebih menikmati dan menghayati hidup.

Baca Juga: Profesor Psikologi Beri 3 Tips Jaga Kesehatan Mental Anak Muda Indonesia

3. Mempraktikkan mindfulness dengan journaling

Orang bisa mempraktekkan mindfulness (fokus dengan keadaan sekitar) secara perlahan, misalnya mencoba journaling atau menulis buku harian untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidupnya lebih bermakna.




Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x