Kompas TV lifestyle tren

Mengenang 50 Tahun Majalah Bobo: Perjalanan Kecil Berdampak Besar, dari Belanda ke Indonesia

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 15:54 WIB
mengenang-50-tahun-majalah-bobo-perjalanan-kecil-berdampak-besar-dari-belanda-ke-indonesia
Dalam rangka perjalanan 50 tahun Bobo hadir di Indonesia, Erasmus Huis dan Yayasan 17000 Pulau Imaji mengadakan program literasi “Growing Up with Bobo”. (Sumber: Majalah Bobo)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Pada perayaan Hari Anak Belanda tanggal 5 Oktober 2023, majalah Bobo juga merayakan perjalanan luar biasa di Indonesia.

Erasmus Huis dan Yayasan 17000 Pulau Imaji dengan bangga menghadirkan program literasi "Growing Up with Bobo."

Acara ini membawa Majalah Bobo dari Indonesia dan Belanda, dengan sesi diskusi pada Sabtu, 7 Oktober 2023, pukul 16.00 WIB.

Ada pula pameran perjalanan Bobo dari satu generasi ke generasi berikutnya, mulai tanggal 7 hingga 19 Oktober 2023, pukul 10.00 - 16.00 WIB di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji, Laura Bangun Prinsloo, menyatakan, "kami sangat bangga menyelenggarakan acara ini bersama Erasmus Huis, terutama dalam merayakan sejarah Majalah Bobo yang telah menjadi sahabat setia dari satu generasi ke generasi lainnya sejak pertama kali diterbitkan di Belanda."

Ia menambahkan, Bobo kini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari warisan literasi anak-anak di Indonesia.

Sehingga harapannya, acara ini dapat menghidupkan kembali kegemilangan literasi anak-anak, serta menginspirasi generasi muda.

Tidak hanya itu, acara ini juga diharapkan dapat membawa orang tua untuk mengenang masa kecil mereka saat berkumpul bersama teman-teman dan membaca Majalah Bobo, meraih ilmu dan pelajaran berharga yang disajikan oleh Bobo.

Baca Juga: Link Pre-Order Kedua Majalah Bobo Edisi Koleksi Terbatas 50 Tahun, Jangan Sampai Ketinggalan!

Diskusi tentang Perjalanan Bobo

Diskusi ini akan berlangsung di Perpustakaan Erasmus Huis, dengan David Togatorop, M. Hum, selaku Pemimpin Redaksi Majalah Bobo Indonesia, dan Renske Lamers, Pemimpin Redaksi Majalah Bobo Belanda.

Mereka akan berbicara dan berbagi kenangan tentang perjalanan luar biasa Majalah Bobo selama bertahun-tahun.

Nicolaas de Regt, Direktur Erasmus Huis, mengatakan, "majalah Bobo telah menjadi bagian penting dari masa kecil kita. Banyak pembacanya yang kini telah dewasa, memiliki kenangan indah membaca kisah inspiratif dan mendapatkan pengetahuan dari Bobo."

Ia juga menambahkan, perkembangan Bobo di Indonesia dan Belanda tidak hanya mencerminkan pentingnya membaca majalah bagi pembacanya, tetapi juga berfungsi sebagai jembatan budaya antara kedua negara.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-50, Majalah Bobo Gelar Acara Virtual yang Diikuti Anak-Anak hingga Orang Dewasa

Perjalanan Majalah Bobo Selama 50 Tahun

Diskusi Menjadi Salah Satu Kegiatan Pameran Bobo yang diadakan di Eramus Huis (Sumber: Majalah Bobo)

Bobo versi Indonesia pertama kali diterbitkan pada tanggal 14 April 1973, diadaptasi dari majalah serupa di Belanda.

Diterbitkan oleh Kompas Gramedia Group, majalah ini telah berkembang sesuai dengan kebutuhan pembaca anak usia sekolah dasar di Indonesia.

Sedangkan versi Belanda dari Bobo, yang dimulai pada 1 Januari 1968, ditujukan untuk anak usia prasekolah.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x