Kompas TV lifestyle kesehatan

Pakai 5 Bahan Ini Bisa Hilangkan Kutu Busuk Secara Alami

Kompas.tv - 14 Oktober 2023, 03:00 WIB
pakai-5-bahan-ini-bisa-hilangkan-kutu-busuk-secara-alami
Prancis dilanda kehebohan dan kepanikan gara-gara kutu busuk, yang menyebar dari transportasi umum hingga ranjang paling pribadi warganya. Perdana Menteri Prancis akan gelar rapat kabinet hari Jumat, (6/10/2023) untuk mengatasi hal ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kutu busuk atau bedbug adalah serangga kecil yang hidup dengan cara mengisap darah. Hewan ini biasanya bersembunyi di sekitar tempat tidur, serta keluar pada malam hari untuk menggigit dan mengisap darah saat seseorang tidur. 

Kutu busuk berbentuk pipih dan berwarna kecoklatan. Mereka tidak memiliki sayap, sehingga tidak dapat terbang atau pun melompat. 

Mereka juga bergerak dengan cara merangkak. Serangga ini dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti kasur, sofa, kursi, karpet, pakaian, koper, dan celah-celah di dinding dan lantai.

Pada sebagian orang, gigitan kutu kasur bahkan tidak menimbulkan reaksi apa pun. Namun, serangga ini juga dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang, seperti gatal dan bentol. Kutu busuk dapat menggigit bagian tubuh mana pun. 

Baca Juga: Bahaya Kutu Busuk, Saat Ini Jadi Wabah di Perancis

Namun, biasanya bentol digigit kutu kasur muncul di area kulit yang terbuka saat tidur, seperti wajah, leher, lengan, dan tangan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan kutu busuk secara alami, seperti berikut.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutu busuk, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini relatif aman dan tidak beracun, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang memiliki alergi atau anak-anak.

Cara alami hilangkan kutu busuk

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan kutu busuk secara alami yang dikutip dari laman healthline:

1. Baking soda

Baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu busuk. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda di sekitar area yang diduga menjadi sarang kutu busuk, seperti di kasur, sofa, dan furnitur lainnya. 

Biarkan baking soda selama beberapa hari, lalu sedot dengan vacuum cleaner. Baking soda bekerja dengan cara menyerap kelembapan dari tubuh kutu busuk. 

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam baking soda. Minyak esensial, seperti minyak lavender, peppermint, tea tree, dan lemongrass, memiliki aroma yang tidak disukai oleh kutu busuk.

2. Cuka



Sumber : Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x