Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak, Ini 6 Jenis Teh yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 06:30 WIB
simak-ini-6-jenis-teh-yang-bisa-bantu-turunkan-berat-badan
Ilustrasi teh hitam. (Sumber: SHUTTERSTOCK/RBagusdiani)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh adalah minuman yang populer di seluruh dunia yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang dikeringkan lalu diseduh dengan air panas. Teh telah lama dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Selain kaya akan antioksidan, teh juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Melansir laman Healthline, berikut jenis teh herbal yang dapat bantu menurunkan berat badan.

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh yang paling populer untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung antioksidan katekin, yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara teratur kehilangan berat badan rata-rata 2,9 kilogram lebih banyak daripada yang tidak minum teh hijau selama periode waktu 12 minggu.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Teh yang Dapat Membuat Tidur Anda Lebih Nyenyak

2. Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis teh yang semi-teroksidasi, berada di antara teh hijau dan teh hitam. Teh ini juga mengandung katekin, dan memiliki efek yang serupa dengan teh hijau pada penurunan berat badan.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum teh oolong secara teratur kehilangan berat badan rata-rata 6 kilogram lebih banyak daripada yang tidak minum teh oolong selama periode waktu 6 minggu.

3. Teh Putih

Teh putih adalah jenis teh yang paling sedikit diproses. Teh ini mengandung antioksidan katekin dalam jumlah yang tinggi, dan juga mengandung antioksidan lainnya yang disebut flavonoid.


Flavonoid telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi penyerapan lemak. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga terbukti bisa memecah lemak.

4. Teh Hitam



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x