Kompas TV lifestyle kesehatan

Ini 7 Manfaat Andaliman atau Merica Batak untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 04:25 WIB
ini-7-manfaat-andaliman-atau-merica-batak-untuk-kesehatan-bisa-turunkan-berat-badan
Andaliman atau Merica Batak yang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh (Sumber: Jubbuh/Wikimedia Commons via National Geographic Grid.id)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Andaliman, yang juga dikenal sebagai Merica Batak, merupakan rempah khas Nusantara yang sering digunakan dalam masakan Batak Toba.

Selain di Indonesia, rempah yang memiliki nama latin Zanthoxylum Acanthopodium, ini juga dikenal sebagai sichuan pepper dan digunakan luas dalam masakan India, China, Tibet, Nepal, dan Thailand.

Selain memberikan rasa unik pada masakan, andaliman juga memiliki manfaat kesehatan. Kandungan seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, fosfor, pitosterol, terpene, dan karoten menjadikannya berguna untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari GridHealth.Id, berikut adalah 7 manfaat andaliman untuk kesehatan tubuh. 

1. Anti-inflamasi dan Antioksidan

Andaliman kaya akan senyawa seperti alkaloid dan flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Kandungan ini tidak hanya membantu meredakan peradangan tubuh, tetapi juga melindungi sel-sel dari potensi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian, konsumsi andaliman dapat memberikan dukungan untuk kesehatan tubuh dengan menangkal efek negatif peradangan dan memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif.

Baca Juga: Ternyata 8 Air Rebusan Daun ini Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggimu! Apa Saja?

2. Meningkatkan Pencernaan

Sejak zaman dahulu, andaliman telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional yang merangsang sistem pencernaan.

Senyawa aktif yang terkandung dalam andaliman tidak hanya merangsang produksi air liur, tetapi juga meningkatkan sekresi enzim pencernaan.

Dengan demikian, andaliman berperan dalam mendukung proses pencernaan makanan dengan meningkatkan aktivitas saluran pencernaan, membantu tubuh dalam menguraikan nutrisi dengan lebih efisien.

3. Mengurangi Rasa Sakit dan Ketidaknyamanan

Dengan sifat analgesiknya, andaliman memiliki potensi untuk mengurangi sensasi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada tubuh.

Manfaat ini dapat digunakan untuk meredakan gejala seperti sakit kepala atau nyeri otot, memberikan kenyamanan dan dukungan dalam menghadapi berbagai ketidaknyamanan fisik.

Baca Juga: 6 Manfaat Air Rebusan Kapulaga untuk Kesehatan, Bisa Atasi Demam hingga Minimalkan Risiko Kanker!

4. Menyokong Kesehatan Jantung




Sumber : GridHealth.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x