Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Tip Kecantikan Retinol Sandwich dan Cara Mengaplikasikannya

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 12:20 WIB
tip-kecantikan-retinol-sandwich-dan-cara-mengaplikasikannya
Ilustrasi. Retinol sandwich adalah teknik mengaplikasikan pelembap sebelum dan sesudah menggunakan retinol. Teknik ini diklaim dapat mengurangi efek samping retinol. (Sumber: Birgith Roosipuu on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Retinol adalah salah satu bahan aktif yang paling populer dalam produk perawatan kulit wajah. Bahan ini memiliki berbagai manfaat, seperti mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meratakan warna kulit, dan mengecilkan pori-pori. 

Namun, retinol juga dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kulit kemerahan, mengelupas, dan sensitif. Untuk mengurangi efek samping retinol, ada teknik yang disebut retinol sandwich

Dikutip dari laman skincare.com, retinol sandwich adalah teknik mengaplikasikan pelembap sebelum dan sesudah menggunakan retinol.

Teknik ini diklaim dapat mengurangi beberapa efek samping retinol seperti kulit kemerahan, mengelupas, sensitif, dan bersisik.

Baca Juga: Retinol Tak Disarankan untuk Ibu Menyusui, Ini Bahan Skincare yang Aman Menurut Dokter

Sesuai namanya, teknik ini dilakukan dalam beberapa tahapan, retinol menjadi bahan aktif yang terapit di tengah. Cara menerapkan teknik retinol sandwich cukup mudah.

Pertama, bersihkan wajah Anda hingga benar-benar bersih. Lalu, oleskan pelembap tipis-tipis secara merata pada kulit wajah dan biarkan hingga menyerap.

Setelah benar-benar kering, gunakan retinol sesuai dengan anjuran pemakaian. Setelah retinol menyerap, gunakan pelembap kembali. 

Retinol sandwich direkomendasikan untuk pemula yang baru mencoba menggunakan retinol. Meski diklaim dapat mencegah efek samping retinol berupa over exfoliating, tip kecantikan ini membuat bahan aktif tersebut menjadi kurang efektif.

Retinol Sandwich Bikin Vitamin A Kurang Efektif

Dikutip dari laman Glamour UK, teknik retinol sandwich dapat mengurangi manfaat vitamin A yang terkandung dalam retinol.

Pelembap yang diaplikasikan sebelum retinol bisa menjadi penghalang dan justru akan mengurangi penyerapannya.

Baca Juga: Mengenal Ceramide, Kandungan Skincare Populer yang Punya 5 Manfaat untuk Kulit Wajah

Selain itu, teknik retinol sandwich disebut lebih berisiko karena kandungan pelembap yang digunakan mungkin saja tidak bisa digabung dengan retinol.

Ada beberapa bahan yang tidak bisa digabungkan dengan retinol, seperti vitamin C. 

Mencampur kandungan lain dapat menyebabkan retinol nonaktif atau justru menimbulkan reaksi kulit yang tidak diinginkan, seperti iritasi.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x