Kompas TV lifestyle kesehatan

Wajib Tahu, Ini 7 Makanan yang Harus Dihindari saat Stres

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 02:25 WIB
wajib-tahu-ini-7-makanan-yang-harus-dihindari-saat-stres
Resep Japanese Souffle Pancake, camilan manis dan lembut. (Sumber: Kompas.com/Silvita Agmasari)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Stres adalah reaksi fisik dan emosional seseorang saat menghadapi perubahan lingkungan. Stres juga dapat diartikan sebagai tekanan, ketegangan, atau gangguan yang tidak menyenangkan yang berasal dari luar diri seseorang. 

Saat stres, tubuh kita melepaskan hormon yang dapat memengaruhi nafsu makan dan pilihan makanan. Sayangnya, banyak orang memilih makanan yang tidak sehat saat stres, yang dapat memperburuk keadaan.

Melansir Eat This, berikut berbagai makanan yang harus dihindari saat stres.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Kaya Glutathione, Tangkal Radikal Bebas

1. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula harus dihindari kala tengah merasa stres. Gula dapat meningkatkan kadar insulin.

Makanan tinggi gula juga menyebabkan fluktuasi gula darah dan kelelahan. Hal ini dapat memperburuk kecemasan dan insomnia, serta membuat Anda lebih sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.

2. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak seperti gorengan, junk food atau makanan cepat saji, makanan olahan hingga daging berlemak harus dihindari kala stres. Pasalnya, lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Hal ini, dapat memperburuk gejala stres seperti kecemasan dan depresi. Lemak juga dapat memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa lebih lelah dan tidak nyaman. 

3. Makanan tinggi kafein

Makanan dan minuman tinggi kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi harus dihindari saat stres. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi dalam jangka pendek, tetapi konsumsi berlebihan saat stres dapat memperburuk kecemasan dan insomnia. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x