Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Prediabetes

Kompas.tv - 26 Februari 2024, 11:19 WIB
6-makanan-yang-harus-dihindari-penderita-prediabetes
Ilustrasi. Penderita prediabetes memiliki kadar gula darah puasa 100 hingga 125 mg/dl. Ini 6 makanan yang harus dihindari penderita pradiabetes. (Sumber: Jonathan Borba on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prediabetes adalah kondisi ketika kadar gula darah dalam tubuh seseorang lebih dari normal. Namun, tidak setinggi pada penderita diabetes tipe 2. 

Penderita prediabetes memiliki kadar gula darah puasa 100 hingga 125 mg/dl. Sementara seseorang sudah dikatakan mengidap penyakit diabetes jika memiliki kadar gula darah puasa sudah lebih dari 126 mg/dl. 

Dilansir laman Health Central, prediabetes adalah awal dari penyakit diabetes tipe 2. Tetapi tahap awal ini masih dapat disembuhkan.

Penderita prediabetes harus mengajalani pola hidup sehat dan menghindari makanan yang dapat memicu lonjakan gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih Tunggal, Cegah Kanker hingga Diabetes

6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Prediabetes

Berikut makanan yang harus dihindari penderita prediabetes, dikutip dari laman Very Well Health.

1. Karbohidrat olahan

Penderita prediabetes harus menghindari konsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan (karbohidrat sederhana) dicerna dengan cepat dan memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi.

Indeks glikemik adalah alat yang membantu memahami bagaimana berbagai karbohidrat memengaruhi kadar gula darah. Semakin tinggi nilai indeks GI makanan, semakin cepat dipecah oleh tubuh. 

Karbohidrat dengan GI tinggi meningkatkan gula darah dengan cepat. Serat dan nutrisi penting lainnya pada karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, tepung putih, kue kering, dan makanan ringan, telah dihilangkan. 

Hal ini menyebabkan karbohidrat olahan kekurangan serat yang membantu kenyang setelah makan. Oleh karenanya, karbohidrat olahan cenderung membuat perut kembali lapar segera setelah makan.

2. Kue manis dan makanan dengan tambahan gula

Kue manis dan makanan dengan gula tambahan seperti bolu, donat, yogurt buah, jeli, serta es krim mengandung gula tambahan, lemak jenuh, dan kalori yang tinggi. Selain itu, aneka kudapan manis umumnya dibuat dengan produk susu, gula, dan tepung yang menyebabkan lonjakan gula darah. 

3. Minuman manis




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x